Gubri Launching Aplikasi PPDB SMA/SMK

Gubri Launching Aplikasi PPDB SMA/SMK
Gubri Syamsuar saat melaunching aplikasi PPDB SMA/SMK, di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (20/9). Dok.Kominfo Riau

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Gubernur Riau Syamsuar melaunching aplikasi website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri di Riau secara online untuk tahun ajaran 2022/2023. 
 

Untuk pendaftaran PPDB SMA/SMK di Riau, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau akan membuka pendaftaraan siswa yang baru lulus SMP/MTs mulai tanggal 20-26 Juni 2022.

Aplikasi website pendaftaran PPDB SMA/SMK tersebut merupakan hasil kerjasama Disdik Riau dengan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik) Riau, dan didukung sporting data Kominfo RI dan tim IT BSSN RI. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Riau, M Job Kurniawan mengatakan, metode pendaftaran PPDB SMA/SMK di Riau tahun ajaran 2022/2023 dilakukan secara online. 

"Pendaftaran PPDB SMA/SMK di Riau dimulai dari hari ini tanggal 20 Juni sampai dengan 26 Juni 2022. Pendaftaran PPDB dapat ditempuh peserta didik melalui empat jalur," terangnya. 

Empat jalur pendaftaran PPDB SMA/SMK di Riau diantaranya, jalur zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, perpindahan 5 persen, dan prestasi 30 persen. 

"Setelah pendaftaran online, kemudian untuk pemilihan sekolah dimulai 27 Juni sampai 1 Juli 2022. Sedangkan pengumuman kelulusan pada 6 Juli dan daftar ulang mulai 7-11 Juli 2022," terangnya.

Sementara itu, Gubri Syamsuar mengatakan, dengan dilaunching aplikasi website ini diharapkan PPDB SMA/SMK negeri Riau tahun 2022/2023 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. 

"Karena tahun sebelumnya, hampir bisa dikatakan tidak ada PPDB online. Karena tahun lalu, Dinas Pendidikan lupa menganggarkannya, tapi lupanya kelewatan," katanya. 

Gubri mengatakan, persoalan PPDB melalui sistem zonasi ini memang sering terjadi masalah, terutama di ibukota kabupaten/kota. 

"Masalah PPDB ini yang sering bermasalah di Pekanbaru, Dumai, Duri, Perawang, Rengat sedikit. Yang paling banyak masalah di Pekanbaru. Ini terjadi karena memang masih kurang sekolah negeri di Pekanbaru, namun sekolah swasta juga perlu kita dukung. Kalau semua dikuasi sekolah negeri, akhirnya swasta bisa kolaps tak ada muridnya, akhirnya tumbang," ungkapnya. 

"Kalau ada masalah aplikasi segera bersikap dari Kominfo. Jangan dibiarkan, sehingga pelaksanaan bisa dapat berjalan lancar tidak ada hambatan," tukasnya.

Untuk pendaftaran PPDB SMA/SMK negeri tahun ajaran 2022/2023 di Riau dilakukan secara online melalui website ppdb.riau.go.id.

 

 

Sumber: riauaktual.com

Berita Lainnya

Index