Berkantor di Kampung, Bupati Siak: Selain Pelayanan Publik Juga Peningkatan Ekonomi

Berkantor di Kampung, Bupati Siak:  Selain Pelayanan Publik Juga Peningkatan Ekonomi
Buptai Siak paparkan program Bujang Kampung

SIAK, BEDELAU.COM ---Bupati Siak programkan hari Jum’at mengajak stafnya berkantor di Kampung sesuai dengan jadwal  yang telah ditentukan.

Bupati Siak mengatakan “kita  Kerja dan Ngantor di Kampung (Bujang Kampung)  tak hanya fokus pada pelayanan administrasi publik saja”.

“Tapi Pemerintah Kabupaten Siak juga fokus kepada peningkatan ekonomi dengan membuat  kegiatan itu juga disediakan bazar mini untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ingin memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas”, katanya lagi.

"Setiap Jumat acara Bujang Kampung kami Diskop UMKM Siak juga ikut dilibatkan. Kami ada namanya Bazar Mini untuk memperkenalkan produk apa saja yang ada di daerah tempat dilaksanakannya Bujang Kampung,"kata Kepala Bidang (Kabid) UMKM, Adi Zulyanto kepada wartawan.

“Selain Bazar Mini, peran Diskop UMKM Siak juga sebagai pelayanan bagi pelaku UMKM yang ingin mengurus surat Nomor Induk Berusaha (NIB) usahanya. Sehingga pelaku usaha tak perlu jauh-jauh datang ke kota Siak untuk mengurus NIB ke Diskop UMKM”, kata Kepala Bidang (Kabid) UMKM lagi.

"Sejak ada Bujang Kampung ini masyarakat yang punya usaha terbantu karena dalam acara itu semua pelayanan administrasi usaha bisa diterbitkan langsung. Apalagi untuk daerah kampung yang jauh dari kota Siak, seperti di Kecamatan Kandis, Minas dan lainnya," tambahnya.

Dijelaskan Adi, “manfaat bagi pelaku UMKM di Siak yang sudah memiliki NIB, bisa menikmati bantuan yang ada saat ini dari Diskop UMKM Provinsi Riau melalui Mata UMKM”.

"Karena untuk mendaftar dalam aplikasi Mata UMKM salah satu syaratnya harus ada NIB, yang terdaftar nanti ada bantuan modal dari Provinsi sebesar Rp 1,2 juta," kata dia.

Menurutnya, keterlibatan Diskop UMKM dalam Bujang Kampung Bupati Siak merupakan langkah menjemput bola dalam rangka pendataan pertumbuhan UMKM di Siak.

“Saat ini Pemkab Siak fokus penumbuhan dulu, dan tahun ini kita mulai rancang program untuk membantu UMKM seperti bantuan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bunganya dibayar oleh Pemda, ada juga bantuan modal dan bantuan sapi bagi peternak. Insya Allah tahun depan kita mulai.”(infotorial) 

Berita Lainnya

Index