Iriana Jokowi di Ukraina: Dengan Bismillah, Saya Mendampingi Bapak

Iriana Jokowi di Ukraina: Dengan Bismillah, Saya Mendampingi Bapak

RIAUREVIEW.COM --Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kyiv, Ukraina. Bagaimana kesan Iriana mendampingi Jokowi berkunjung ke Ukraina?
 

"Dengan bismillah saya mendampingi Bapak, moga-moga peperangan ini segera berakhir karena sangat merinding saya melihat," ucap Iriana, melalui keterangan tertulis yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022).
 

Dalam kunjungan ini, Iriana juga secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk rakyat Ukraina. Bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan itu diberikan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv, Ukraina.

Penyerahan bantuan kemanusiaan itu diberikan Iriana dan Jokowi saat mengunjungi rumah sakit yang berada di pusat kota Kyiv tersebut usai meninjau Apartemen Lipky di Kota Irpin.

"Tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit yang korban dari peperangan," ucap Ibu Iriana usai menyerahkan bantuan.

Selain bantuan kemanusiaan yang diserahkan hari ini kepada rumah sakit, Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina. Pemerintah Indonesia juga berkomitmen merekonstruksi rumah sakit di Ukraina yang rusak akibat perang.

"Selain bantuan yang secara simbolis disampaikan Ibu Negara, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang," ucap Menlu Retno Marsudi secara terpisah.

Jokowi Berharap Perang Segera Dihentikan

Sebelumnya, Jokowi berharap agar perang di Ukraina bisa segera dihentikan. Jokowi juga berharap tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

Harapan Jokowi itu disampaikan melalui akun Instagram-nya, Rabu (29/6/2022). Jokowi turut mengunggah momen saat dirinya meninjau Apartemen Lipky yang hancur akibat perang di Kota Irpin, Ukraina.

"Kota Irpin, Ukraina. Di belakang saya ini adalah Apartemen Lipky yang hancur akibat perang. Dinding-dinding dan atapnya terkoyak oleh peluru," tulis Jokowi.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi ditemani Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin. Jokowi melihat langsung rumah-rumah dan infrastruktur kota itu yang rusak akibat perang.

"Semoga perang ini bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak," lanjut dia. 
 

Sumber: [detik.com]
 

Berita Lainnya

Index