Siap-siap Cek Rekening, BLT BBM untuk Riau Sudah Mulai Disalurkan

Siap-siap Cek Rekening, BLT BBM untuk Riau Sudah Mulai Disalurkan
Ilustrasi

RIAUREVIEW.COM --Penyaluran bantuan untuk meringankan beban masyarakat akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai disalurkan di Pekanbaru. Penyaluran bantuan langsung tunai ini dilakukan melalui Kantor Pos.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Riau, Tengku Zul Effendi mengatakan, bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) akibat kenaikan harga BBM ini diberikan kepada penerima selama 4 bulan. Yakni mulai September hingga Desember 2022 mendatang.

"Penyalurannya sudah dimulai, tapi bertahap. Kalau berdasarkan data dari Kementerian Sosial, satu orang penerima itu dapat Rp150 ribu perbulan. Itu disalurkan setiap dua bulan. Jadi sekali terima Rp300 ribu dan disalurkan dua kali," kata Tengku Zul Effendi, Ahad (4/9/2022).

Untuk diketahui, jumlah penerima bantuan langsung tunai akibat kenaikan harga BBM ini se-Indonesia ada sebanyak 20,65 juta jiwa.

Tengku Zul menyampaikan, untuk penyaluran BLT BBM tahap pertama ini sudah mulai disalurkan. Penyalurannya dilakukan melalui Kantor Pos dan bank yang terhimpun dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) seperti Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN.

Namun saat ditanya berapa jumlah penerima BLT di Riau akibat kenaikan harga BBM, Tengku Zul mengaku tidak mengetahui berapa jumlahnya. Sebab datanya ada di Kantor Pos sebagai pihak yang ditunjuk untuk penyaluran bantuan.

"Yang jelas penerima bantuan akibat kenaikan harga BBM ini adalah masyarakat yang terdaftar dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program sembako/BPNT dan Program Keluarga Harapan atau PKH,"

"Tapi kalau untuk angka berapa jumlahnya itu datanya ada di PT Pos, karena penyalurannya mereka yang melakukan. Kalau kita (Dinsos) tugasnya hanya memonitoring saja, kita akan adakan rapat evaluasi sudah berapa persen realisasinya, dan apa kendalanya, itulah yang kita koordinasikan," tukasnya.***

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index