Ganjar Kader PDIP, Keputusan Capres Diserahkan ke Mega

Ganjar Kader PDIP, Keputusan Capres Diserahkan ke Mega

RIAUREVIEW.COM --Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto buka suara terkait Partai Solidaritas Indonesia atau PSI yang mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) Pilpres 2024. Hasto mengkritik cara partai politik berebut ekor jas dengan mendeklarasikan capres yang memiliki elektabilitas tinggi.
 

"Dalam situasi seperti ini menempatkan capres dan cawapres sepertinya memperebutkan efek ekor jas," kata Hasto seperti dalam keterangannya, Kamis (6/10/2022).
 

Hasto juga menegaskan jawaban Ganjar adalah tetap menunggu keputusan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terkait pencapresan. Dia menegaskan nasib politik Ganjar berada pada keputusan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.
 

"Karena Pak Ganjar adalah kader partai sehingga keputusan terkait capres dan cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Ibu Ketua Umum," ucap Hasto.
 

"Mencalonkan capres dan cawapres bukan untuk melakukan dansa elektoral, bukan juga untuk memperebutkan efek ekor jas. Namun juga dilakukan dengan penuh kesadaran terhadap masa depan. Oleh karenanya siapapun yang akan dicalonkan dipastikan mereka telah diberikan gembelengan sebagai calon pemimpin," tambahnya.
 

Lebih lanjut, Hasto menegaskan keputusan Ganjar sudah jelas dengan menyatakan dirinya adalah kader PDIP. Dia pun meminta agar PSI menghormati tata krama dalam demokrasi.
 

"Ya dengan jawaban dari Pak Ganjar itu ya seharusnya tata krama dalam demokrasi dapat dihormati, Pak Ganjar kan sudah memberikan jawaban yang sangat tegas bahwa beliau adalah kader PDI Perjuangan," tegasnya.
 

Kemudian, Hasto mengatakan calon pemimpin harus dipastikan telah mendapatkan gemblengan langsung dari Megawati. Sebab, kata Hasto, Megawati menginginkan agar calon pemimpin yang digembleng memiliki kesadaran ideologi, dan tanggung jawab yang kuat bagi bangsa dan negara.
 

"Ibu Megawati melakukan kaderisasi partai dan ketika itu diumumkan, itu betul betul menjadi hasil perenungan bagi masa depan bangsa dan negara," jelas Hasto.
 

PSI Usung Ganjar
 

Sebelumnya diberitakan Partai Solidaritas Indonesia atau PSI mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024 lewat pengumuman via Zoom. Keputusan PSI disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Grace Natalie.
 

PSI awalnya menyampaikan keputusan mencalonkan Ganjar lewat rembuk rakyat yang telah digelar sejak awal Februari lalu.
 

"Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024," kata Grace Natalie, Senin (3/10). 
 

Sumber: [detik.com]
 

Berita Lainnya

Index