12 Tol Bakal Dibangun Tahun Ini, Berikut Daftar Lengkapnya

12 Tol Bakal Dibangun Tahun Ini, Berikut Daftar Lengkapnya

RIAUREVIEW.COM --Pemerintah masih akan menggenjot pembangunan infrastruktur di tahun 2021 ini. Salah satunya jalan bebas hambatan alias tol yang akan digeber tahun 2021.
 

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian pernah mengatakan sebagian besar rencana pembangunan tol yang ditargetkan akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).
 

"Sudah kami susun rencananya dan backbone jalan bebas hambatan ini yang sebagian besar akan dilakukan menggunakan KPBU jadi akan menjadi jalan tol. Jadi ini kami sampaikan rencana program jalan tol kita dalam rencana kami adalah 18,8 ribu kilometer," ungkap Hedy dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Senin (14/9/2020).
 

Alasan pemerintah membangun jalan tol dikatakannya untuk mengejar target konektivitas. Dengan ada jalan tol diharapkan kecepatan perjalanan bisa mencapai 100 kilometer (km) per 1,5 jam.

"Kami sudah membuat rencana umum jalan bebas hambatan dalam horizon yang bisa kami prediksikan. Kenapa kita perlu merancang jalan bebas hambatan ini, karena untuk mencapai target konektivitas 1,5 jam per 100 km," ujar Hedy.

Berdasarkan data yang diterima detikcom dari Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko D Heripoerwanto, ada 12 tol yang dibangun pada 2021. Berikut daftarnya:

Kuartal I-2021:

- Tol Yogyakarta-Bawen

- Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap

Kuartal III-2021:

- Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg

- Tol Bogor-Serpong via Parung

- Tol Semanan-Balaraja

- Tol Akses Patimban

- Tol Sentul Selatan-Karawang Barat

- Tol Semarang Harbour

- Tol Gilimanuk-Mengwi

Kuartal IV-2021:

- Tol Mamminasata

- Tol Cikunir-Karawaci

- Tol Cikunir-Ulujami.

 

 

Sumber: [detik.com
 

 

Berita Lainnya

Index