Kadisdik Bengkalis Buka Webinar Bersama BPMP Riau

Kadisdik Bengkalis Buka Webinar Bersama BPMP Riau
Webinar perencanaan berbasis data rapor pendidikan untuk perencanaan daerah dan satuan pendidikan Kabupaten Bengkalis yang di taja oleh Tanoto Foundation berlangsung sukses, Selasa (15/11/2022).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Webinar perencanaan berbasis data rapor pendidikan untuk perencanaan daerah dan satuan pendidikan Kabupaten Bengkalis yang di taja oleh Tanoto Foundation berlangsung sukses, Selasa (15/11/2022).

Webinar dibuka resmi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bengkalis Kholijah. Disdik Bengkalis juga berkerjasama dengan Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Riau. Bertempat di Aula Disdik Kabupaten Bengkalis, webinar diikuti kepala sekolah, mulai tingkat Paud hingga SMP se-Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan ini juga dihadir Kepala Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Riau Wisma Endrimon,  sebagai Narasumber, Koordinator Provinsi Tanoto Foundation Riau Dendi Satria Buana, perwakilan Kantor Kementerian Agama Bengkalis.

Kholijah dalam kesempatan tersebut menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah merilis platform Rapor Pendidikan beberapa waktu lalu. Untuk Bengkalis pihaknya sudah menerapkan rapor pendidikan, namun hasilnya belum maksimal.

"Ke depan kita menargetkan rapor pendidikan di Bengkalis menjadi yang terdepan,” terangnya.

Dikatakannya lagi,perencanaan berbasis data nantinya bertujuan untuk peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkualitas. Perencanaan berbasis data rapor pendidikan untuk perencanaan daerah dan satuan pendidikan ini harus dimaksimalkan, agar peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan di Kabupaten Bengkalis dapat tercapai.

“Untuk itu kami mengharapkan kepada peserta webinar hari ini harus bertanya kepada narasumber bagaimana cara teknis untuk mengakses rapor pendidikan,” katanya.

Sementara itu Kepala BPMP Riau Wisma Endrimon dikesempatan tersebut turut memberi pemahaman tentang platform rapor pendidikan untuk perencanaan Daerah dan satuan pendidikan. Agar hasil yang diharapkan nantinya peserta dapat memahami definisi, kerangka dan memahami indikator dalam profil Pendidikan serta mampu mengakses dan menggunakan platform rapor Pendidikan.

“Tujuan rapor pendidikan untuk mengevaluasi mutu dan sistem pendidikan. Rapor pendidikan bukan aib, ajak orang tua siswa untuk bersama sama melihat dan mendukung peningkatan mutu pendidikan,” terangnya.

Pihaknya berharap peserta webinar harus optimis agar perencanaan berbasis data ini berdampak baik terhadap program kegiatan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Bengkalis.

Sedangkan Koordinator Provinsi Tanoto Foundation Riau Dendi Satria Buana mejelaskan kehadiran Tanoto Foundation dilandasi tujuan yang sama yakni membantu meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia khususnya di Kabupaten Bengkalis.

Tanoto Foundation memfasilitasi mitra untuk memaparkan rapor pendidikan, sehingga terkomunikasikan semua satuan pendidikan agar bisa mengakses rapor pendidikan.

Menurutnya, merencanakan program kegiatan berdasarkan hasil analisis rapor pendidikan adalah upaya yang paling tepat dan sangat relevan untuk dilakukan pada saat ini.

“Kegiatan webinar hari ini dilaksanakan untuk membahas dan mendiskusikan perencanaan berbasis data rapor pendidikan untuk pemerintah daerah dan satuan pendidikan. Mudah mudahan kegiatan ini dapat menambah penguatan dan pengetahuan kita terhadap perencanaan pendidikan di Kabupaten Bengkalis,”tutupnya.(ra)

Berita Lainnya

Index