Membanggakan, Dosen Fekon Unilak Raih Beasiswa S3 di Taiwan

Membanggakan, Dosen Fekon Unilak Raih Beasiswa S3 di Taiwan
Afred Suci

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM - Univeritas Lancang Kuning pantas disebut kampus berprestasi, untuk kesekian kalinya, salah seorang dosen  Fakultas Ekonomi  Univeritas Lancang Kuning, Afred Suci berhasil mendapatkan beasiswa penuh S3 (PhD) di  National Taiwan University of Science and Technologi dengan pendalaman ilmu di bidang pemasaran.

Afred Suci saat dijumpai mengatakan bahwa proses persiapan mencari kampus bereputasi di luar negeri dan beasiswa sudah sejak enam bulan lalu dilakukannya.

"Sebelumnya saya telah mengirimkan  permohonan di tiga Universitas, yaitu ke Nanyang (Singapore), Mahidol (thailand) dan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Dari ketiganya, hanya NTUST yg saya lamar sepaket dengan program beasiswanya dan alhamdulillah saya diterima," ujarnya, Sabtu (26/5).

Afred menjelaskan ketika dia belum beruntung diterima di Nanyang, dan Mahidol dan NTUST yg menerima, maka pilihan saya ke NTUST  karena sudah  mendapatkan beasiswa penuh, termasuk biaya hidup disana, beasiswa ini diterima selama tiga tahun dan dapat diperpanjang maksimal satu tahun jika diperlukan.

Afred yang mendapat kabar tanggal 23 Mei lalu, menyebutkan di NTUST itu ada tiga jenis beasiswa yang tersedia yaitu full scholarship (beasiswa penuh), partial scholarship (beasiswa sebagian) dan tuition waiver (hanya bebas spp saja).

Untuk mendapatkan beasiswa itu rangkaian seleksi dilihat dari  nilai IPK S2, TOEFL/IELTS, surat rekomendasi,  kejelasan study plan selama disana, prestasi  pelamar dan jejak karya pelamar.

"Itu semua diranking, penilaian yang masuk kedalam kelompok tertinggi yang bisa mendapat full scholarship. Alhamdulillah dari sejumlah pelamar dari  berbagai negara, saya terpilih mendapat full scholarship," ujarnya sambil tersenyum.

Berdasarkan data tahun 2017 pemeringkatan  perguruan tinggi, NTUST merupakan perguruan tinggi dengan peringkat ke 47 Asia dan peringkat 264 dunia.

Keberhasilan Afred ini tentu mengharumkan nama Univeritas Lancang Kuning, ia pun mengucapkan terimakasih kepada Allah SWT, Istri dan keluarga dan Rektor Unilak, serta Dekan Fekon yang memberi kesempatan dosennya mengembangkan kapasitas ke luar negeri. Kemudian kepada Dr. Junaidi (WR1) dan Dr. Rinayanti (Fekon) yg telah memberikan rekomendasi yang sangat baik kepada setiap universitas yang saya lamar dan tentunya dukungan dari seluruh rekan-rekan dosen di Unilak

Sementara itu wakil rektor I Unilak Dr.Junaidi memberikan ucapan selamat. "Kita mengucapkan selamat kepada Afred Suci, Unilak terus berupaya untuk mengirimkan dosen sekolah ke luar negeri. Ini bertujuan untuk menyiapkan Unilak masuk ke dunia internasional. Ini merupakan kebanggaan karena Afred Suci memperoleh beasiswa penuh," pungkasnya.(can/syafri)

Berita Lainnya

Index