Pendaftaran Masih Dibuka, Ini Kisaran Gaji PPS untuk Pemilu 2024

Pendaftaran Masih Dibuka, Ini Kisaran Gaji PPS untuk Pemilu 2024

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten kota di Provinsi Riau masih membuka perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau penyelenggara Pemilu tingkat kelurahan. Khusus di Pekanbaru, sudah ribuan pelamar yang mendaftar.

Honorarium atau gaji yang akan diberikan kepada Ketua PPS setiap bulan adalah sebesar Rp1,5 juta. Sementara untuk anggota PPS, yakni Rp1,3 juta per bulan. Gaji PPS untuk Pemilu 2024 ini akan diterima PPS selama masa kerja mereka yang terhitung mulai 17 Januari 2023 sampai 4 April 2024.

Ketua Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota Pekanbaru, Yelli Nofiza, mengatakan bahwa KPU Pekanbaru masih membuka seleksi penerimaan ini hingga Jumat 30 Desember 2022 mendatang. Sampai saat ini, sudah ribuan pelamar yang mendaftar.

"Sudah ribuan orang pelamar yang mendaftar," kata Yelli, Rabu (28/12/2022).

PPS ini akan ditempatkan di 83 kelurahan di Pekanbaru. Total kebutuhan PPS di Pekanbaru adalah 498. Sebanyak 249 orang akan dilantik. Sedangkan sisanya dipersiapkan sebagai calon pergantian antar waktu (PAW).

"Jadi masing-masing kelurahan disiapkan 3 orang plus 3 calon PAW," jelas Yelli.

Pendaftaran PPS dilakukan secara online. Pendaftaran PPS Pemilu 2024 dilakukan melalui sistem teknologi informasi berbasis web yang disebut Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc atau SIAKBA.

Sama dengan seleksi penerimaan calon PPK, penerimaan calon PPS pendaftaran juga dilakukan secara online lewat web SIAKBA. "Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs https://siakba.kpu.go.id. Bagi yang berminat dan tidak terakomodir di PPK silahkan mendaftar di PPS tingkat kelurahan," jelas Yelli.

Yelli mengatakan bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dapat mendatangi langsung kantor  KPU Pekanbaru di Jalan Parit Indah. "Kita menyediakan help desk untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam pendaftaran secara online. Bisa berkonsultasi ke petugas di help desk jika menemukan kendala," kata Yelli.

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index