Laksanakan Pengabdian, Dosen FE Unilak Beri Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme

Laksanakan Pengabdian, Dosen FE Unilak Beri Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Pengabdian ini dilakukan di Kelurahan Rumbai Bukit. Dilaksanakan pada tanggal 30 September 2022. Pengabdian ini adalah tindak lanjut dari MOA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lancang Kuning dengan Kelurahan Rumbai Bukit dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. Dengan tim pengabdian yang terdiri dari Wita Dwika Listihana, Nurhayani Lubis,dan Dini Onasis yang merupakan dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universiats Lancang Kuning. 

Dipilihnya pelatihan pengolahan sampah organik menjadi eco enzyme disebabkan oleh karena warga desa di Kelurahan Rumbai Bukit belum mendapatkan edukasi mengenai pengolahan sampah. Sehingga hal tersebut dinilai penting, karena jika dilihat secara global, sampah menjadi isu yang masih sangat dibicarakan dalam beberapa waktu terakhir ini. 

Rumah tangga menjadi penyumbang timbulan sampah terbesar di daerah berpenduduk padat seperti Pekanbaru. Jadi, salah satu solusi mengurangi timbulan sampah tersebut adalah dengan mengolah sampah dari rumah. Salah satunya adalah dengan mengubah sampah menjadi eco enzyme. 

Mitra pengabdian adalah ibu-ibu PKK Kelurahan Rumbai Bukit. Diikuti oleh 29 orang peserta, kegiatan ini berjalan dengans angat baik. Transfer pengetahuan pembuatan eco enzyme dilakukan dengan sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil kuesioner yang dibagikan sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan. 

Sebelum dilakukan pelatihan, sebagian besar peserta tidak mengetahui apa itu eco enzyme, baik cara membuatnya maupun manfaat dari eco enzyme tersebut. Setelah dilakukan pengabdian, hampir seluruh peserta memahami dan mengerti cara pembuatan eco enzyme dan manfaat eco enzyme tersebut.

Berita Lainnya

Index