Kini Harapan Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Kepau Baru Sudah Terwujudkan

Kini Harapan Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Kepau Baru Sudah Terwujudkan

MERANTI, RIAUREVIEW.COM--Akses sarana yang selama ini diharapkan oleh masyarakat telah terwujud dengan dibangunnya jalan aspal meskipun hanya lebar 1 Meter ke Desa tapi ini sungguh sangat berharga bagi masyarakat yang selama ini diharapkan kini telah terwujudkan dan ini seperti dalam mimpi yang dirasakan masyarakat Desa Kepau Baru Kecamatan Tebingtinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (31/1/2023)

 

Sebelumnya akses jalan sempat di gelar jalan sakratul maut oleh warga, yang menuju ke desa mereka tepatnya Desa Kepau Baru dengan mengunakan papan sekeping dengan penuh nyali untuk melewati jalan tersebut. Jalan menuju pusat kota seperti ke Kecamatan Tebingtinggi Timur dan Kabupaten Kepulauan Meranti, tapi kini dengan dibangunnya jalan tersebut masyarakat Kepau Baru dan juga dari pihak karyawan perusahan.

 

Selanjutnya, guru dan bidan yang menjalankan tugas di Desa Kepau Baru juga dapat melewati jalan akses tersebut, demikian juga ada masyarakat yang dari Kabupaten lain seperti dari Desa Teluk Lanus Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak juga mengunakan akses jalan tersebut.

 

Dari pantauan awak media di lokasi sebelumnya sempat di sebut jalan sakratul maut oleh warga yang melewati jalan tersebut hanya mengunakan jalan papan sekeping untuk di lewati kendaran sepeda motor sangat menguji nyali bagi masyarakat yang melewati jalan tersebut. Bagai mana tidak bagi yang melewati jalan tersebut harus ahli mengendarai sepeda motornya kalau tidak bisa terjatuh dan bahkan sampai celaka bagi yang melewati jalan ini.

 

Sebelumnya akses jalan ini sangat extrim dengan kondisi melewati hutan belantara dan semak belukar untuk menuju Desa Kepau Baru, akses jalannya melalui dari Desa Sungai Tohor Barat, Desa Kepau Baru juga terletak sekitar di ujung pulau Tebingtinggi yang berhadapan langsung dengan pulau Sumatera. 

 

Sebelumnya Desa Kepau Baru akses keluar masuk dari desa hanya mengunakan jalur laut seperti mengunakan kapal (Pompong) dan Spead boat untuk menuju ke pusat Kabupaten dengan minimnya akses jalur darat. 

 

Menanggapi hal tersebut awak media menjumpai langsung kepala Kesa Kepau Baru saudara Acat, saat selesai mengelar rapat bersama seluruh kades se-Kecamatan Tebingtinggi Timur bersama Plt. Camat Tebingtinggi Timur di Desa Sungai Tohor.

 

Dalam Hal ini kades Kepau Baru saudara Acat menyampaikan. "Ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah terutama H. Muhammad Adil, SH,. MM sebagai Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti dan dinas PUPR Kepulauan Meranti sudah membangun akses jalan ke desa kami Kepau Baru. Sebelumnya Pemerintah Desa sempat kesulitan dengan akses jalan tersebut karena jarak tempuh jalan yang sangat panjang sehingga butuh waktu lama untuk merealisasikan jalan lintas antar desa ini." Kata Acat yang menjabat sebagai Kepala Desa Kepau Baru.

 

"Meskipun jalannya hanya lebar dengan ukuran 1 Meter tapi ini sudah sangat membantu masyarakat kami dengan akses jalan yang di bangun dan juga dapat mempermudahkan pihak perusahan serta para guru, bidan desa yang dari daerah lain untuk menuju Desa Kepau Baru. Ini sudah dapat menggunakan akses jalan yang di bangunkan Pemda melalui Pekerjaan Swakelola dari dinas PUPR Kepulauan Meranti sehingga memudahkan akses jalan kami di desa menuju ke Kecamatan dan Kabupaten.

 

Tambahnya, dengan dibangunkan jalan tersebut pemerintah Desa Kepau Baru tidak memakan waktu yang lama seperti sebelumnya kalau kami mau ke Kabupaten memakan waktu sekitar 9-10 jam baru sampai ke kabupaten dengan mengunakan akses jalur laut, tapi dengan adanya jalan darat kini kami ke kabupaten dengan waktu 2 jam sudah sampai ke Kabupaten Kepulauan Meranti. Ini merupakan suatu kemudahan bagi kami dan masyarakat kami." Tutur Kepala Desa Kepau Baru Acat pada awak media ini.

 

Demikian juga di sampaikan Plt. Kadis PUPR Kepulauan Meranti Fajar Triasmoko, MT, kepada awak media ini menjelaskan semoga dengan di bangunnya akses jalan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan dengan adanya sarana ini dapat mempermudahkan segala urusan masyarakat dan juga desa baik menuju ke Kecamatan dan Kabupaten sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Kepulauan Meranti menuju masyarakat Meranti Maju, Cerdas dan bermartabat," Ucap Plt. Kadis PUPR Kepulauan Meranti melalui telpon selulernya sampai berita ini di terbitkan. (Sp)

Berita Lainnya

Index