Ainal Syabri, Seimbang dalam Berbudaya

Ainal Syabri, Seimbang dalam Berbudaya

MEDAN, RIAUREVIEW.COM - Budaya Minangkabau dikenal khas akan keberagamannya. Mulai dari seni tari hingga seni musik, berbagai macam permainan tradisional dan instrumen musik tradisional dapat ditemui dalam budaya Minangkabau. Budaya Minangkabau dapat menyatukan berbagai emosi menjadi kesatuan suka cita dengan keunikannya dan warnanya sendiri.

Namun dewasa ini, generasi muda kita telah memilih untuk menjadikan budaya Barat sebagai panutannya, meninggalkan budaya tradisional yang dianggap kuno dan tidak menarik. Tapi tidak bagi mahasiswa jurusan Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitasi Sumatera Utara yang satu ini, Ainal Syabri dikenal akan kemampuannya memainkan berbagai alat musik tradisional khas Minangkabau dan kelihaiannya melakoni seni randai yang merupakan permainan tradisional Minangkabau yang menggabungkan seni musik, tari, drama dan silat menjadi satu.

Kecintaannya akan budaya Minangkabau telah membawanya ke berbagai tempat baru, memberikan Ainal berbagai pengalaman yang menakjubkan. Ainal sudah pernah menginjakkan kakinya di Negeri Gajah Putih, Thailand, bukan sekedar melancong, tetapi menorehkan prestasi internasional bersama Sanggar Nan Gombang yang merupakan salah satu sanggar terbaik di Sumatera Barat.

Walau begitu, Ainal juga tetap beradaptasi dengan perkembangan budaya modern. Ia memilih saksofon sebagai alat musik andalannya, karena ia memiliki basis yang kuat dengan alat musik tiup. Kelihaiannya dalam bermain saksofon juga sudah tidak dapat diragukan lagi. Ainal bahkan sering diundang ke berbagai acara formal maupun informal untuk mempertunjukkan bakat luar biasanya. Tidak dapat dipungkiri, Ainal lihai dalam mengimbangi bagaimana ia berbudaya agar ia tidak melupakan kearifan lokalnya. (Syafri Ario)

Berita Lainnya

Index