Fungsi VAR Bertambah di Piala Dunia 2018

Fungsi VAR Bertambah di Piala Dunia 2018

RIAUREVIEW.COM -Video Assistant Referee (VAR) akan diterapkan di Piala Dunia 2018. Akan ada fungsi baru dari alat tersebut untuk membantu wasit.

VAR digunakan wasit untuk membantu membuat keputusan. Wasit bisa meninjau ulang sebuah insiden krusial untuk membuat keputusan lebih baik, dengan melihat tayangan ulang. Keberadaan VAR diharapkan menekan momen-momen kontroversial di lapangan.

Kini, seperti dilansir Evening Standard, VAR bisa digunakan wasit Piala Dunia 2018 untuk menentukan hukuman ke pemain yang membuat pelanggaran namun jauh dari bola dan tidak terpantau. Atau istilahnya off the ball incident.

International Football Association Board (IFAB), badan yang mengatur laws of the game sepakbola, mengatakan wasit bisa meminta bantuan VAR untuk memberi kartu merah ke pemain jika terbukti melakukan pelanggaran yang tidak terlihat atau terlewatkan.

"Jika ada sesuatu terjadi yang jauh dari bola dan terlewatkan, lalu belakangan tertangkap oleh VAR atau asisten VAR, maka mereka bisa memberi tahu wasit dan mengusir si pemain, meskipun itu dilakukan belakangan," ucap direktur teknis IFAB David Elleray kepada The Times.

"Kami tidak mengantisipasi hal ini akan sering terjadi. Ini hanya untuk pelanggaran kartu merah serius," tegasnya.

Piala Dunia 2018 sendiri akan digelar di Rusia, 14 Juni hingga 15 Juli mendatang. Laga perdananya adalah tuan rumah Rusia vs Arab Saudi di Stadion Luzhniki.

Berita Lainnya

Index