AKBP (Purn) H. Asmar Plt. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Mengucapkan HUT TNI Angkatan Udara Ke 7

AKBP (Purn) H. Asmar Plt. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Mengucapkan HUT TNI Angkatan Udara Ke 7

MERANTI, RIAUREVIEW.COM--Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengucapkan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) yang dibentuk pada tanggal 9 April 1946 dan pada 9 April 2023 sudah berusia genap ke 77 tahun dengan bertemakan "Profesional, Modern dan Tangguh Sebagai Angkatan Udara Yang Disegani di Kawasan". Minggu (9/4/2023)

Sejarah TNI Angkatan Udara dimulai pada 9 April 1946. TNI AU sebenarnya sudah beberapa hari Indonesia merdeka, yakni ketika Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang dibentuk pada 23 Agustus 1945. Pembentukan BKR ditujukan untuk memperkuat armada udara yang saat itu sangat minim,

Dalam perkembangannya, BKR berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945 dengan salah satu bagiannya adalah TKR jawatan penerbangan dibawah komodor Udara Soerjadi Soerjadarma (Sumber Kompas.com). 

Pada 23 Januari 1946, TKR ditingkatkan menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) dan beberapa bulan kemudian TRI jawatan penerbangan dihapuskan dan diganti dengan Angkatan Udara Republik Indonesia pada 9 April 1946. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai hari lahirnya TNI Angkatan Udara yang diresmikan bersamaan dengan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

TNI Angkatan Udara berperan besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Termasuk di antaranya adalah dua peristiwa besar kemudian menjadi latar belakang peringatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara setiap tahunnya.

Plt. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti saat di jumpai awak media mengatakan, "Atas nama pribadi beserta jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti mengucapkan "Selamat Dirgahayu TNI Angkatan Udara" yang masuk usia genap ke 77 tahun." Ucap AKBP (Purn) H. Asmar saat dijumpai awak media di rumah dinasnya

Kemudian apresiasi setinggi-tingginya diucapkan kepada TNI Angkatan Udara atas kontribusi dalam membangun bangsa indonesia ini dan sudah menjalankan tanggung jawab atas operasi menjaga pertahanan dengan penuh pengorbanan, berbakti karya nyata demi rakyat dan negara Republik Indonesia ini, kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara tetap jaya." Tutup AKBP (Purn) H. Asmar yang merupakan Plt. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti. (Sp)

Berita Lainnya

Index