14 Sepeda Motor Dijaring Polisi dalam Razia Malam Satlantas Polresta Pekanbaru

14 Sepeda Motor Dijaring Polisi dalam Razia Malam Satlantas Polresta Pekanbaru

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta mengantisipasi aksi balap liar, Satlantas Polresta Pekanbaru bersama Polsek jajaran menggelar razia di beberapa lokasi atau ruas jalan di Kota Pekanbaru, Sabtu (28/5/2023) malam. 

Razia malam atau Blue Light Patrol tersebut diawali dengan apel yang dipimpin langsung Wakapolda Riau, Brigjen Pol Kasihan Rahmadi didampingi Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri RP Siagian serta diikuti 139 personil Satlantas dan Polsek Jajaran.

Brigjen Pol Kasihan Rahmadi dalam arahannya mengatakan, kepada personil yang melaksanakan giat patroli diharapkan betul-betul melaksanakan tugasnya bukan hanya saat berangkat dan pulang apel saja. Namun juga dilakukan di saat jam rawan, sehingga kamtibmas bisa terjaga, terutama di daerah yang rawan aksi kriminalitas.

"Selain itu, kepada seluruh personil selalu waspada dan berhati hati dalam bertugas, menjaga kesehatan dan keselamatan diri," kata Wakapolda dalam apel yang digelar di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Sabtu (28/05/2023) malam.

Sementara, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri RP Siagian mengatakan, bahwa tujuan digelarnya patroli ini untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta antisipasi aksi balapan liar dan penggunaan knalpot brong. Kemudian juga sebagai bentuk antisipasi kejahatan jalanan di wilayah hukum Polresta Pekanbaru.

"Dengan Blue Light patrol ini, diharapkan dapat mencegah aksi balapan liar dan kejahatan jalanan. Mari kita berikan rasa aman kepada masyarakat Kota Pekanbaru," kata Kapolresta dalam arahannya.

Kepada personil tambah Kapolresta, agar memetakan dimana daerah rawan terjadinya tindak kejahatan seperti curas, curat dan Curanmor.

"Silahkan kapolsek langsung pimpin kegiatan dan lakukan patroli yang telah di maping titik kerawanan kejahatan," kata Kapolresta.

Usai mendapat arahan, seluruh personil Satlantas langsung menggelar patroli keliling kota Pekanbaru, begitu juga dengan personil Polsek Jajaran langsung menggelar Patroli didaerah masing-masing.

Dalam patroli tersebut 14 kendaraan milik pelaku balap liar berhasil diamankan petugas Satlantas saat beraksi di jalan Arifin Ahmad Pekanbaru.

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Birgitta kepada wartawan mengatakan, balap liar tersebut terjadi di seputaran Jalan Arifin Achmad. Para pelakunya rata-rata dari kalangan remaja yang kebanyakan berstatus pelajar.

"Giat malam ini kita berhasil mengamankan 14 sepeda motor. Dimana motor tersebut kita amankan saat digunakan para pelaku yang umumnya masih pelajar untuk balapan liar," kata Kompol Birgitta. 

Birgitta menambahkan, pihaknya melakukan penindakan dengan penerapan ETLE ataupun tilang manual terhadap para pelaku balap liar tersebut.

"Saat ini seluruh motor yang digunakan untuk balap liar diamankan di Mapolresta Pekanbaru guna menjalani proses hukum selanjutnya," tutup Birgitta.

 

 

Sumber: riauaktual.com 

 

 

Berita Lainnya

Index