Kepulauan Meranti Raih Juara Umum GenRe Riau Award Tahun 2023

Kepulauan Meranti Raih Juara Umum GenRe Riau Award Tahun 2023

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM--Pemerintah Provinsi Riau melalui Perwakilan BKKBN Provinsi Riau bersama Genre Indonesia Riau menggelar  kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas (ADUJAK) Generasi Berencana (GenRe) Tingkat Provinsi Riau.

Disaksikan Kepala BKKBN Republik Indonesia, Hasto Wardoyo secara virtual, perhelatan yang diikuti 12 tim kabupaten/kota di wilayah Provinsi Riau tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau Syamsuar di Hotel Grand Central Pekanbaru, Rabu (31/5/2023).

Kepala BKKBN Riau, Mardalena Wati Yulia, menyebutkan dasar dan tujuan kegiatan sesuai dengan amanat undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, menjelaskan bahwa kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan keluarga dilakukan salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas remaja, pemberian akses informasi pendidikan, konseling dan pembinaan ketahanan keluarga melalui pusat informasi konseling remaja.

"Program Genre (Generasi Berencana) merupakan salah satu program BKKBN dalam menghadapi berbagai permasalahan remaja termasuk dalam upaya percepatan penurunan stunting dari hulu," jelasnya.

Dari beberapa cabang yang di perlombakan dalam iven tersebut, keluar sebagai juara umum, tim Kabupaten Kepulauan Meranti dibawah naungan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Adapun cabang lomba yang dimenangkan, terdiri dari Juara I Lomba Pentas Budaya Genre, Juara I Lomba Battle Spirit, Juara III Lomba Rangking 1 Genre, dan Juara Harapan 1 Duta Genre Putri Provinsi Riau dengan mengikutsertakan Duta Putri, Fazillatun Nisa (PIKR Prosteen SMA N 1 Tebing Tinggi), dan Duta Putra, Muhammad Fikri Alhamdi (PIKR Cylent SMA N 1 Merbau).

Kepala DinsosP3AP2KB melalui Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tarmizi, mengungkapkan rasa syukur dah berterima kasih kepada pihak yang telah bekerja keras atas pencapaian ini.

"Alhamdulillah, kami bersyukur atas pencapaian ini, berkat ketekunan, kerja keras, serta kekompakan antara forum GenRe meranti dan DinsosP3AP2KB khususnya bidang Dalduk & KB, prestasi ini dapat kita raih dan mengharumkan nama kabupaten kepulauan meranti. Saya berharap, anak-anak ini dapat menjadi 'role model' bagi remaja lainnya untuk menjadi remaja yang berkualitas dalam menghadapi bonus demografi 2045 mendatang," ungkapnya.

Sebagai informasi, BKKBN melalui Program Generasi Berencana (Genre) melakukan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Program genre yang dilaksanakan melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk remaja sebagai wadah  untuk mengembangkan karakter bangsa, karena mengajarkan remaja menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan napza guna menjadi remaja yang tangguh, berkualitas, dan berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa. Dengan adanya duta genre yang diharapkan mejadi motivator dari kalangan remaja, akan lebih efektif dalam menjalin komunikasi program genre dengan sesama remaja.

(Supandi)

Berita Lainnya

Index