Detik-Detik Proklamasi Berlangsung Khidmat, Bupati dan Wakil Bupati Kenakan Pakaian Adat

Detik-Detik Proklamasi Berlangsung Khidmat, Bupati dan Wakil Bupati Kenakan Pakaian Adat
Bupati Bengkalis Kasmarni menyerahkan bendera merah putih kepada Wulan Ramadhani (Pembawa Baki Paskibra) pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Lapangan Tugu, Kamis (17/8/2023).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Suasana pengibaran bendera sang merah putih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023, berbeda dari tahun sebelumnya. Detik-detik proklamasi kali ini, berlangsung kidmat, Kamis (17/8/2023).

Bertempat di Lapangan Tugu-Bengkalis. Bupati Bengkalis Kasmarni bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), terihat begitu anggun mengenakan pakaian adat Melayu berwarna merah. Sementara Wakil Bupati Bengkalis Dr. H. Bagus Santoso telihat berwibawa mengenakan pakaian adat jawa.

Pada posisi pembacaan teks proklamasi HUT Kemerdekaan RI, Ketua DPRD Bengkalis H. Khairul Umam terlihat gagah dengan Tanjak sebagai mahkota di kepala.

Susana sempat hening, saat dilaksanakannya prosesi mengheningkan cipta sebagai wujud mengenang jasa pahlawan terdahulu, yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketika sirine dibunyikan tanda detik-detik proklamasi berlangsung. Kurang lebih 3 menit lamanya, Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan dan tamu undangan, serta masyarakat yang ikut menyaksikan dari pinggir lapangan, sontak bersama-sama mendengarkan hentakan serentak sepatu Pasukan Pengibar Bendera, yang pagi itu memasuki lapangan tugu.

                FOTO : Pengibaran Bendera Merah Putih sukses dilaksanakan Paskibra di Lapangan Tugu Bengkalis.(istimewa)

Paskibra itu secara kompak menunaikan tugasnya, untuk mengibarkan sang Merah Putih. Seragam putih yang mereka kenakan, begitu bersih dan kebetulan cuaca pagi itu mendukung, untuk proses penaikan sang Merah Putih.

Peltu Donal Nababan, turut serta menjadi komandan Kompi, gerakan baris berbaris Paskibra yang telah ditempa dan dilatih sekian lama, pagi ini telah melaksanakan tanggungjawabnya dengan sukses, begitu kompak dan rapih.

Selaku pembawa baki, Wulan Ramadhani, selangkah-demi selangkah menaiki tangga panggung. Bupati Kasmarni dengan sigap menyerahkan sang saka merah putih kepada siswi asal SMAN 1 Mandau ini.

              FOTO : Bupati Bengkalis Kasmarni bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan dibelakang terlihat sejumlah tamu                        undangan.(istimewa)

Raut cemas dan tegang terlihat dari para orang tua paskibra yang menyaksikan anaknya dipinggir lapangan saat Jensen William Lingga, M Fakhrurozy Irsandy dan Erianto Andreas Revandi bersiap menarik dan mengibarkan bendera.

Ketegangan berubah menjadi lega dan rasa syukur, saat ketiganya sukses menjalankan tugas dan sang saka merah putih kini berkibar di langit Negeri Junjungan.

Adapun petugas detik-detik proklamasi lainnya, bertindak sebagai perwira, AKP Rifendi dan komandan upacara Kapten CPL Farimus Hendriko.

Sedangkan pasukan paskibra merupakan putra-putri terbaik Negeri Junjungan, berasal dari 11 kecamatan yang telah dibina oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Polik Kabupaten Bengkalis.

Selain Bupati dan Wabup. Peringatan detik-detik ini juga dihadiri Sekda, dr Ersan Saputra TH dan pejabat lingkup Pemkab Bengkalis.

Petinggi Forkopimda juga hadir, selain ketua DPRD, tampak hadir Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro, Dandim 0303/Bengkalis Letkol.Inf. Endik Yunia, Kajari Bengkalis Zainur Arifin Syah, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis, Bayu Soho Rahardjo dan tamu undangan lainnya.(infotorial/sukardi)
 

Berita Lainnya

Index