KUKERTA UNRI Desa Kota Lama Melakukan Renovasi Lambang Universitas Riau

KUKERTA UNRI Desa Kota Lama Melakukan Renovasi Lambang Universitas Riau

INHU, RIAUREVIEW.COM--Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau (UNRI) Desa Kota Lama Tahun 2023 melakukan renovasi lambang Universitas Riau yang berada di Cagar Budaya Makam Raja-Raja Indragiri Hulu, Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Sabtu, 05/08/2023.

 

 

Renovasi lambang Universitas Riau ini merupakan salah satu peninggalan alumni Kukerta Unri Desa Kota Lama Tahun 2000. Kegiatan diawali dengan membersihkan sekitaran lambang UNRI kemudian dilakukan pengecatan dengan lima warna sesuai lambang tersebut. 

Lambang dan Logo Universitas Riau ini memiliki makna atau arti yaitu, rupa bentuk lancang kuning dalam lingkungan segi lima, dengan inti pengertian sebagai berikut : 1. Segi Lima artinya Pancasila, 2. Warna dasar hijau lumut artinya potensi untuk tumbuh dan berkembang, 3. Daun-daun pohon hayat artinya tumbuh untuk hidup abadi, 4. Warna kuning emas artinya penuh kemuliaan dan keagungan, 5. Jumlah daun kecil pohon hayat satu, artinya tanggal satu, 6. Jumlah daun besar hayat sepuluh helai, artinya bulan Oktober, 7. Jumlah daun besar Teratai enam lembar artinya enam puluhan dan jumlah daun kecil teratai dua lembar artinya angka satuan dua yang melambangkan tahun 1962, 8. Perahu warna kuning artinya bahtera perjuangan yang luhur, 9. Tiang layar kuning artinya pendirian yang kokoh dan kuat, 10. Daun-daun teratai (padma) warna putih bersih artinya kehalusan dan perikemanusiaan, 11. Laut samudera dan gelombang artinya menggambarkan fakultas-fakultas yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Kegiatan ini dipandu oleh mahasiswa/i Kukerta Unri Desa Kota Lama 2023 dari menyiapkan alat dan bahan serta melakukan proses pengecatan. Proses pengecatan ini melibatkan seluruh anggota kelompok Kukerta Unri Desa Kota Lama Tahun 2023. 

 

 

Sejalan dengan kegiatan ini mahasiswa-mahasiswi Kukerta Unri berharap lambang Universitas Riau tetap terjaga dan menambah citra keindahan bagi masyarakat yang berkunjung kemakam raja-raja Indragiri Hulu Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu.

Berita Lainnya

Index