Mencakup Riau dan Kepri, Menpan-RB Setujui Pembentukan LLDIKTI Wilayah XVII

Mencakup Riau dan Kepri, Menpan-RB Setujui Pembentukan LLDIKTI Wilayah XVII

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) memberikan persetujuan pembentukan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVII yang mencakup Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri).

Sebelumnya, Riau dan Kepulauan Riau berada di bawah naungan LLDIKTI Wilayah X bersama Sumatera Barat dan Jambi.

Persetujuan Kemenpan-RB atas pembentukan LLDIKTI Wilayah XVII tersebut dituangkan melalui surat nomor B/859/M.KT.01/2023 perihal pembentukan LLDIKTI Wilayah XVII dan Penyesuaian Wilayah Kerja LLDIKTI Wilayah XIV. Surat yang diteken Menpan-RB Abdullah Azwar Anas tanggal 2 Agustus tersebut ditujukan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dalam surat bersifat segera itu tertuang usul Pembentukan LLDIKTI Wilayah XVII di Riau dan LLDIKTI WIlayah XIV di Biak. Dalam surat itu Menpan RB memberikan tulisan dengan tinta tebal yang berbunyi  "Pada Prinsipnya Kami dapat Menyetujui" pembentukan LLDIKTI Wilayah XVII.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar mengaku telah mengetahui adanya persetujuan dari Menpan-RB untuk pendirian LLDIKTI Wilayah XVII tersebut. Ia bersyukur LLDIKTI baru disetujui di Riau dan Kepri karena di dua daerah ini memiliki lebih 100 perguruan tinggi. Dengan adanya LLDIKTI wilayah XVII ini maka kampus-kampus di Riau dan Kepri tidak lagi harus ke Padang Sumatera Barat untuk mengurus keperluannya.

"Alhamdulilah sudah saya ketahui, ini tentunya bermanfaat bagi semua perguruan tinggi yang ada di Riau dan Kepri. Kita tahu bahwa Riau dan Kepulauan Riau sudah ada lebih dari 100 perguruan tinggi sehingga yang selama ini kita harus mengurus kegiatan di Padang ya sekarang tidak perlu lagi," katanya, Ahad (20/8/2023).

Mantan Bupati Siak ini pun menegaskan bahwa Riau beberapa tahun lalu telah menyiapkan sarana dan prasana. Dan untuk kesiapan Riau, pertama telah menyiapkan tanah, kemudian kantor sudah disiapkan. "Saya minta pak Kamsol (Kadisdik) saya tugaskan untuk koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dalam rangka untuk operasionalnya," cakapnya.

Ketika ditanya kapan LLDIKTI WIlayah XVII beroperasi di Riau, Gubri Syamsuar mengatakan kalau bisa tahun 2023 ini " Kalau bisa tahun inilah, ini tergantung ini siapa yang di tunjuk sebagai Kepala."  ucap Gubri sambil tertawa.

Terkait keluarnya surat persetujuan pembentukan LLDIKTI Wilayah XVII yang telah lama ditunggu perguruan tinggi di Riau dan Kepri tersebut, Ketua Dewan Pendidikan Riau yang juga Rektor Unilak, Prof Dr Junaidi, mengatakan bahwa hal itu adalah perjuangan dan kerja keras banyak pihak termasuk Gubernur Riau. 

"Kami melihat pak Gubri gerak cepat agar segera berdiri LLDIKTI WIlayah XVII. Tentu saja kehadiran LLDIKTI WIlayah XVII di Riau merupakan langkah maju, serta memberikan manfaat besar bagi dunia pendidikan di Riau dan Kepri, dan ini menjadi sejarah baru bagi Riau," cakap Junaidi.

Junaidi mengaku bersyukur LLDIKTI XVII dapat berdiri di Riau. "Saya melihat surat Menpan RB menjadi bagian dari kado HUT Riau, semoga dengan surat itu menjadi jalan mudah bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk segera ditindaklanjuti. Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur Riau atas kerja keras dan perhatian besar bagi pendidikan di Riau," ucap Prof Junaidi yang telah beberapa kali datang ke Kemenristekdikti dan Kemenpan RB untuk mengurus pendirian LLDIKTI XVII.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index