Desa Wisata Bukit Batu Raih Juara IV

Bupati Bengkalis Menghadiri Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Bupati Bengkalis Menghadiri Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023
Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Kepala Disbudparpora Kabupaten Bengkalis Edi Sakura menghadiri Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023, Minggu (27/8/2023) malam. (sukardi)

JAKARTA,RIAUREVIEW.COM—Malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 di gelar, Minggu (27/8/2023). Malam puncak ADWI 2023, merupakan malam penganugerahan kepada desa wisata-desa wisata terpilih sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mereka dalam mengembangkan desa wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global dan berkelas dunia.

Dalam ajang yang berlangsung di teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah, desa wisata Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis berhasil meraih juara 4 dengan kategori daya tarik pengunjung.

Anugerah tersebut diserahkan langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ) Republik Indonesia di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah ( TMII) Jakarta.

Sementara ADWI 2023 diraih desa wisata Cipta Karya, Kabupaten Bengkayang Kalimantan barat. Kemudian, desa wisata terbaik ADWI 2023 diraih desa wisata Ketapanrame, Kabupaten Mojokerto-Jawa Timur, penyerahan langsung diberikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno dalam sambutannya  mengatakan, tiga tahun bersama-sama berjuang membangkitkan ekonomi kreatif dari Desa bersama masyarakat desa, yang semangatnya sungguh luar biasa.

“Saya semakin yakin ternyata bukan Indonesia yang membangun desa tetapi desalah yang membangun Indonesia, ditahun 2021 ADWI Targetnya 800 saja sudah beruntung, tetapi kita mendapat 1831 desa wisata tahun 2022 saya targetkan lebih tinggi lagi saya targetkan 2.500 teryata bertambah mudah 3.419 desa wisata, Tahun ini 2023 saya targetkan angka yang cukup tinggi 3.500 ternyata bertambah lagi menjadi 4.573 desa wisata, tahun depan yakni tahun 2024, akan kita pastikan bahwa target di desa wisata, yang tergabung di dalam jaringan 6.000 desa wisata yang akan kita pastikan,”kata Sandiaga Uno.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, yang mewakili Bupati Bengkalis Kasmarni saat penyerahan ADWI 2023 di Jakarta mengatakan, dirinya merasa bangga dengan desa wisata Bukit Batu, yang hari ini telah berperestasi dan mengharumkan nama baik Kabupaten Bengkalis.

“Keberhasilan desa wisata merupakan hasil dari kerjasama. Kolaborasi dan inovasi yang kuat yang dilakukan oleh semua Pentahelix pariwisata.

Dalam kegiatan tersebut mendampingi Kadisbudparpora Bengkalis Edi Sakura, Kepala Desa Bukit Batu Mahendra, S. KOM., MM, ketua Pokdarwis Desa Wisata Bukit Batu Juwandi SH, MH.

Raih Rekor Muri

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI), Minggu (27/8/2023). Desa Wisata Bukit Batu juga meraih Rekor Muri Indonesia Kategori Wisata, yang memiliki sejarah kejayaan laut terluas.

Pengumuman ADWI 2023 yang mengusung tema "Dari Desa untuk Indonesia Bangkit, Pariwisata Berkelas Dunia" itu dilakukan langsung dari di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Desa wisata bukit batu menerima piagam penghargaan museum Rekor -Dunia Indonesia (Muri) kategori wisata yang memiliki sejarah kejayaan laut terluas yang diberikan oleh ketua umum Muri Bapak Prof. Dr. (H.C) KP Jaya suprana.

"Kami percaya bangkitnya pariwisata Indonesia dimulai dari desa, karena kekayaan alam, luhurnya adat dan budaya, serta semangat masyarakat di desa," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam pengumuman penganugerahan ADWI 2023.(infotorial/sukardi)


 

Berita Lainnya

Index