Selesai Tahapan Tanggapan Masyarakat Parpol Bisa Ganti Bacaleg, Ini Jadwalnya

Selesai Tahapan Tanggapan Masyarakat Parpol Bisa Ganti Bacaleg, Ini Jadwalnya

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM  --Tahapan masukan dan tanggapan masyarakat sudah selesai, Senin kemarin. Setelah tahap itu, akan masuk ke tahap pengajuan pengganti Calon Sementara Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Sesuai jadwal di PKPU Nomor 10 Tahun 2023 itu, Parpol bisa mengajukan pengganti Calon Sementara Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota mulai 14 September 2023 sampai 20 September 2023.

Setelah itu, masuk verifikasi atas pengajuan pengganti calon sementara Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota pasca masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS, mulai 21 September 2023 sampai 23 September 2023.

Kemudian, masuk ke tahapan pencermatan rancangan DCT 24 September sampai 3 Oktober, kemudian penyusunan dan penetapan DCT 4 Oktober sampai 3 November, setelah itu DCT diumumkan 4 November 2023.

Pada saat pengumuman daftar calon sementara (DCS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menetapkan sebanyak 1.120 Bacaleg. Bacaleg ini akan memperebutkan 65 kursi DPRD Riau pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir mengatakan, ada sekitar 1.170 ruang yang disediakan bagi Bacaleg dari 18 partai politik. Tapi, bakal caleg yang mendaftar hanya 1.120 orang.

"KPU Riau juga telah menerima pendaftaran calon perseorangan atau DPD. Pada Pemilu 2019, ada 27 calon DPD. Tahun ini, ada 29 orang calon DPD yang mendaftar," kata Ilham, Senin (28/08/2023).

Pada tahap masukan dan tanggapan masyarakat, kata Ilham, yang menjadi catatan KPU adalah Terkait tanggapan yang berpengaruh terhadap syarat pencalonan. Itu yang akan kami lakukan klarifikasi.

"Tapi kalau tidak berpengaruh terhadap syarat pencalonan masing-masing Bacaleg itu hanya tanggapan biasa. Tapi kalau berpengaruh terhadap bacaleg yang menjadikan dia tidak memenuhi syarat akan kami tindaklanjuti," kata Ilham.

KPU Riau mencatat, sejak masa tanggapan dimulai pada 19 Agustus lalu, ada tujuh tanggapan masyarakat yang diterima langsung. Tanggapan dari masyarakat tersebut akan ditindaklanjuti lembaga penyelenggara Pemilu itu.

"Dari 7 tanggapan itu, 5 tanggapan menyatakan dukungan ke calon," kata Ilham.

Sedangkan dua lainnya, ada  terkait kegandaan calon Gerindra dan PKN. Kemudian terkait penghapusan sebagai anggota partai.

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index