Fadli Zon Puji Yudi Latif Pancasilais karena Mundur dari BPIP

Fadli Zon Puji Yudi Latif Pancasilais karena Mundur dari BPIP

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Wakil Ketua DPR ‎Fadli Zon mengapresiasi langkah Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif yang mundur dari jabatannya. Menurut Fadli langkah Yudi sejalan dengan BPIP yang perlu dievaluasi.

"Keberadaan BPIP perlu dievaluasi. Saudara Yudi Latif ini bagus, fair, itu tindakan yang pancasilais menurut saya mengundurkan diri dari BPIP," kata Fadli di kompleks parlemen, Jakarta, yang dilansir cnnindonesia, Jumat (8/6).

Evaluasi itu kata dia, perlu dilakukan setelah BPIP berubah bentuk dari unit kerja menjadi badan. BPIP juga dianggap bermuatan politis karena menjadi penafsir Pancasila.

"Jadi jangan memberikan satu tafsir tentang Pancasila dan Pancasila dijadikan alat politik untuk mengintepretasikan sebuah kejadian Pancasila atau tidak Pancasila," katanya.

Dia khawatir, dengan BPIP mengulang sejarah di masa lalu. Sebab, kata dia, sebenarnya sudah ada MPR yang memiliki program sosialisasi empat pilar berkaitan dengan Pancasila.

"Jadi memang harus buttom up‎ bukan top down. Jadi Pancasila ini implementasikan top down terjadi kesalahan, kalau di atasnya salah bawahnya juga salah," ujarnya.

Pernyataan mundur Yudi Latif dari BIPI diungkapkan melalui akun Facebook, Jumat (8/6).

"Saya mohon pamit. 'Segala yang lenyap adalah kebutuhan bagi yang lain, (itu sebabnya kita bergiliran lahir dan mati). Seperti gelembung-gelembung di laut berasal, mereka muncul, kemudian pecah, dan kepada laut mereka kembali' (Alexander Pope, An Essay on Man)," tulis Yudi dalam akun Facebook Yudi Latif Dua.
 

Berita Lainnya

Index