Tim Satsus Penanganan Sampah di Kota Pekanbaru Banyak Temukan TPS Liar

Tim Satsus Penanganan Sampah di Kota Pekanbaru Banyak Temukan TPS Liar
Inspektur Inspektorat Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Tim Satuan Tugas Khusus (Satsus) dibentuk guna melakukan penelusuran terkait penanganan sampah di Kota Pekanbaru. Tim ini terdiri dari Inspektorat Kota Pekanbaru bersama Satpol PP Kota Pekanbaru.

Mereka bakal melaporkan langsung temuan lapangan terkait kondisi penanganan sampah. Ada sejumlah catatan yang menjadi rekomendasi kepada Pj Wali Kota Pekanbaru nantinya agar tata kelola penanganan sampah.

"Hasil pengecekan selama beberapa hari ini, sudah kami temukan permasalahan dalam penanganan sampah," kata Inspektur Inspektorat Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, Rabu (30/8).

Dirinya menyebut salah satu permasalahan krusial dalam penanganan sampah di Kota Pekanbaru yakni banyaknya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar. Akibatnya sampah menumpuk karena tidak terangkut oleh armada operator angkutan sampah.

Iwan menyebut bahwa peran Inspektorat Kota Pekanbaru untuk ikut melakukan monitoring dan evaluasi (monev) dalam optimalisasi penanganan sampah secara menyeluruh. Ia menyebut monev ini tidak cuma pengangkutan maupun pembuangan sampah.

Pihaknya melakukan monev bersama Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru untuk melakukan monev secara menyeluruh. Mereka pun melakukan peninjauan untuk kroscek kondisi penanganan sampah.

"Kita melihat langsung kondisi sumber sampah, pengangkutan, armada, sopir, tukang angkut hingga kondisi TPA," pungkasnya. 

 

 

 

SUMBER: RIAUAKTUAL.COM

Berita Lainnya

Index