Mengenal Kelebihan Pertamax Green 92, Calon Pengganti Pertalite

Mengenal Kelebihan Pertamax Green 92, Calon Pengganti Pertalite
Ilustrasi/cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM  --PT Pertamina (Persero) telah mengumumkan spesifikasi dan mutu baru untuk bahan bakar minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan, Pertamax Green 95 yang dicampur dengan 5% bioetanol (E5) dan Pertamax Green 92 yang akan menggantikan Pertalite pada tahun 2024.

Pertamax Green 95, yang mengandung etanol yang dihasilkan dari molases tebu, merupakan bahan bakar nabati terbarukan. Sementara Pertamax Green 92 adalah pengganti Pertalite yang mengandung campuran 7% etanol.

Pertamax Green 92 dinilai memiliki tingkat oktan yang memenuhi standar ramah lingkungan. Ini berarti produk ini dapat membantu mengurangi emisi karbon dan mengurangi ketergantungan pada impor bensin. Angka RON mencerminkan kualitas bahan bakar, dengan tingkat oktan yang lebih tinggi berarti emisi yang lebih rendah.

Meskipun rencana penggantian Pertalite dengan Pertamax Green 92 masih menunggu keputusan pemerintah, tetapi produk ini diharapkan dapat menjadi solusi bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Benny Fajarai, Co-Founder dan CMO Lifepal.co.id, mengungkapkan beberapa kelebihan Pertamax Green 92:

Lebih Ramah Lingkungan
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, pihaknya tengah mengkaji meningkatkan kadar oktan bensin bersubsidi Pertalite (RON 90) menjadi RON 92 atau setara Pertamax dengan mencampur Pertalite dengan etanol 7% (E7), sehingga menjadi Pertamax Green 92.

Dengan kandungan nabati di dalamnya membuat produk bahan bakar satu ini dapat menurunkan emisi karbon. Sehingga, membuatnya lebih ramah lingkungan.

Lebih Irit dan Meningkatkan Performa Mesin
Bensin biasa memiliki efisiensi rendah dibandingkan bahan bakar lain dengan nilai oktan lebih tinggi. Etanol menambah nilai oktan bensin, sehingga pembakaran bensin lebih sempurna dan menurunkan tingkat konsumsi bahan bakar.

Bahan bakar dengan kadar oktan 92 dapat membuat proses pembakaran mesin lebih sempurna, dan memiliki kemampuan membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin.

Pertamina berencana untuk meluncurkan Pertamax Green 92 seiring dengan ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), yang mengharuskan nilai oktan bensin minimal 91 (RON 91). Dengan perubahan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas bahan bakar dan dampak lingkungan yang lebih positif.

 

 

 

 

SUMBER: BERITASATU.COM

Berita Lainnya

Index