KPU Riau Kenalkan Jenis Surat Suara hingga Parpol kepada 3.000 Pemilih Pemula di Pekanbaru

KPU Riau Kenalkan Jenis Surat Suara hingga Parpol kepada 3.000 Pemilih Pemula di Pekanbaru

BEDELAU.COM --Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mensosialisasikan Pemilu 2024 di hadapan 3000 lebih mahasiswa. Lembaga penyelenggara Pemilu ini mengenalkan jenis surat suara hingga partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024.

"Semua mahasiswa baru ini sama sekali belum pernah menggunakan hak pilih. Usia mereka berkisar di 17 sampai dengan 18 tahun. Mereka berasal dari Riau dan dari provinsi tetangga," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Riau Nugroho Noto Susanto, Ahad (17/09/2023).

Nugi, panggilan akrab Nugroho ini menyampaikan beberapa materi. Di antaranya adalah urgensi demokrasi dan pemilu di Indonesia, pentingnya peran pemilih muda, memperkenalkan jenis surat suara, 18 partai politik peserta pemilu, teknis mencoblos yang benar, serta perihal daftar pemilih seperti pemilih pindah.

"Untuk memudahkan penyampaian sosialisasi, Tim KPU Riau membawa alat peraga sosialisasi seperti 18 partai politik, kotak suara, bilik suara, dan contoh draft surat suara," kata Nugi.

Nugi juga menyampaikan, agar mahasiswa menggunakan hak pilih pada 14 Februari 2024 yang juga dicanangkan sebagai Hari Kasih Suara secara nasional.

"Semoga 3.000-an mahasiswa baru ini membawa energi progresif dan ikut serta menyukseskan Pemilu 2024. Karena di tangan anak-anak muda itulah pemimpin Republik Indonesia akan ditentukan," kata Nugi.***

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index