Qoriah Terbaik, Riska Gustari Terima Bonus Satu Ekor Sapi dan Uang Pembinaan sebesar Rp.10.000.000

Qoriah Terbaik, Riska Gustari Terima Bonus Satu Ekor Sapi dan Uang Pembinaan sebesar Rp.10.000.000

SIAK, RIAUREVIEW.COM--Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXIII tingkat Kecamatan Sungai Apit tahun 2023, yang diselenggarakan di kampung Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, secara resmi di tutup langsung oleh Bupati Siak Alfedri. Jum'at (15/09/2023)

 

Malam penutupan MTQ ke-23 itu, di hadiri ratusan masyarakat dari sejumlah kampung yang ada di Kecamatan Sungai Apit. Bupati Siak Alfedri juga didampingi Wakil Bupati Siak Husni Merza mengapresasi antusias masyarakat untuk menyaksikan malam penutupan MTQ ke-XXIII tingkat Kecamatan Sungai Apit.

“Kami hadir berdua bersama Wakil Bupati, jarang-jarang hadir di acara MTQ Kecamatan, kecuali acara MTQ tingkat Kabupaten. Ini MTQ yang ke XIII yang bisa saya hadiri secara langsung hanya empat kecamatan, selebihnya di hadiri pak Wakil Bupati. Karena banyak tugas-tugas dinas yang tidak bisa saya tinggalkan di luar daerah,”ujar Bupati Siak Alfedri, di Penyengat.

Ada yang menarik dari perhelatan MTQ tingkat Kecamatan Sungai Apit ini, pasalnya Juara satu Qori terbaik tingkat kecamatan, di raih Riska Gustari, ia berhak mendapat hadiah satu ekor sapi dan bonus uang pembinaan sebesar Rp 10.000.000, partispasi dari tokoh masyarakat Sungai Apit, Alijona (Akiong)

“Kami hadir malam ini, diberi tugas pertama menyerahkan hadiah satu ekor sapi kepada peserta yang berhasil mendapatkan juara satu dan uang pembinaan Rp 10.000.000 kepada ananda Riska Gustari yang meraih juara satu. Bantuan ini dari pak Akiong, Riska Gustari sebagimana di sampaikan ketua LPTQ tadi, bisa maneroka, ini sangat potensial,”ungkapnya.

“InsyaAllah, ananda Riska Gustari bisa melaju ke jenjang MTQ Nasional bahkan Internasional. Karna bakat, potensi, bacaan, tajwidnya dan suaranya memang luar biasa. Semoga bisa berprestasi ke tingkat lebih tinggi, dan bisa mewakili Kabupaten Siak,” pintanya

Alfedri menyinggung, bonus tingkat di MTQ tingkat Kecamatan Sungai Apit menyamai tingkat Kabupaten. Jika di Kabupaten bonus juara satu di berangkatkan umrah.

“Biasanya, bonus MTQ tingkat kabupaten itu, umroh. Semenjak MTQ tingkat kabupaten di gelar tahun ini ke 23, tak pernah hadiahnya sapi. Hanya MTQ kecamatan Sungai Apit, Penyengat ini, ada hadiahnya sapi. Kami ucapkan terim kasih kepada pak Alijona (Akiong),”kata dia.

Lanjut Alfedri dengan sapi ini, bisa juga berangkat umroh, bahkan bisa mengumbrohkan orang tua,”Caranya di pelihara dulu, kemudian anaknya di kembangkan sudah besar di jual, baru bisa pergi umroh. Ini sebuah motivasi bagi qori dan qoriah lainnya, ”kata dia.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Siak Husni Merza menyampaikan mereka yang meraih juara pada MTQ kecamatan menjadi duta kecamatannya, untuk berlaga di tingkat kabupaten.

“Kita tadi di terdengar lantunan ayat suci Al-qur'an yang di bacakan oleh qoriah terbaik tingkat remaja, ini bisa menyumbangkan qori-qori dari kecamatan lain nampaknya. Salut untuk kecamatan Sungai Apit, ”kata dia.

LPTQ kabupaten akan bekerja keras, karena setelah berakhir MTQ tingkat Provinsi yang pelaksanaanya awal November, di awal Desember MTQ tingkat kabupaten Siak di selenggarakan.

”Begitu selesai MTQ tingkat kabupaten, sebelum puasa tahun depan akan di selenggarakan MTQ tingkat provinsi di kota Dumai, maka hasil MTQ tingkat kecamatan di Bungaraya nanti, qori dan qoriah, mereka lah yang menjadi duta wakil kabupaten Siak, ke MTQ provinsi, "singkatnya.

Camat Sungai Apit Tengku Muktasar S. Sos, M. Si mengucapkan Ribuan terima kasih yang se-besar-besarnya kepada Bupati Siak Drs. Alfedri dan Wakil Bupati Siak Husni Merza yang telah hadir secara bersama-sama di acara penutupan MTQ Ke-XXIII Kecamatan Sungai Apit di Kampung Penyengat dan itu suatu penghargaan yang luar biasa bagi kami." ungkap Mukhtasar

Muktasar "juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kampung Penyengat dibawah ke pemimpinan  PJ Pengulu Kampung Penyengat "Abok Agustinus" beserta Lembaga Kampung Penyengat Bepekam, LPM, RT, RW, dan Masyarakat Kampung Penyengat yang telah berkerja keras dalam mensukseskan acara ini. (Buyung)

Berita Lainnya

Index