Surat Mundur Syamsuar sebagai Gubernur sudah Sampai ke Sekretariat DPRD Riau

Surat Mundur Syamsuar sebagai Gubernur sudah Sampai ke Sekretariat DPRD Riau
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Gubernur Riau Syamsuar sudah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan. Surat itu sudah sampai ke Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau.

"Suratnya sudah masuk. Saya baru diberitahu staf hari ini," kata Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho, Rabu (27/9/2023).

Agung menyebut, pimpinan beserta Anggota DPRD Riau segera menjadwalkan rapat paripurna membahas surat pengunduran diri Syamsuar dari jabatan Gubernur Riau.

"Besok atau nanti kami jadwalkan untuk paripurna. Setelah paripurna tentu kita ajukan ke kementerian," kata Agung.

Nantinya, setelah surat pengunduran diri Syamsuar disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), posisi Syamsuar akan digantikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Riau Edy Natar Nasution. Tapi, jika Wagub Edy Natar maju di Pemilihan Legislatif (Pileg), tampuk pimpinan akan dipegang Sekretaris Daerah (Sekda) untuk sementara.

"Kalau Wagub tidak maju mencaleg, wagub menggantikan. Tapi kalau wagubnya nanti mencaleg, tentu Sekda menjadi Plh," kata Agung.

Ia menambahkan, penunjukan pelaksana tugas (Plt) merupakan kewenangan Kemendagri. "Tapi kalau Plt kewenangan Kementerian, kalau Pj tentu ada prosesnya lagi," kata Agung.

Pemberitaan sebelumnya, Gubernur Syamsuar ikut maju di Pileg 2024. Syamsuar dikabarkan maju DPR RI melalui daerah pemilihan (Dapil) Riau I.

Jika maju Pileg, sesuai aturan, kepala daerah diharuskan melepaskan jabatannya. Surat pengunduran diri kepala daerah yang akan maju Pileg, harus sampai ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) paling lambat 3 Oktober 2023.

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index