Plt Bupati Asmar Lakukan Kunjungan Kerja Ke PT RAPP

Plt Bupati Asmar Lakukan Kunjungan Kerja Ke PT RAPP

PANGKALAN KERINCI, RIAUREVIEW.COM--Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti melakukan Kunjungan Kerja ke PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Komplek Perusahaan PT RAPP, Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Jumat (3/11/2023).

 

 

Kunjungan kerja dimaksud untuk membahas potensi pendapatan daerah dan memenuhi undangan dari manajemen PT RAPP dibawah naungan April Group untuk meninjau Royal Golden Eagle (RGE) Technology Centre yang berada di tengah-tengah komplek industri PT RAPP. RGE Technology Center merupakan pusat riset dan pengembangan perusahaan April Group.

Dalam gedung RGE terdapat miniatur komplek perusahaan dengan luas lebih dari 3 ribu hektar, gambar dan informasi, sejarah serta perkembangan April Group. Disini perusahaan menjelaskan kegiatan PT RAPP di Pangkalan Kerinci yang beroperasi selama lebih dari 28 tahun dalam pengolahan pulp dan kelapa sawit dengan luas pengelolaan lahan 188.195 hektar di Kabupaten Pelalawan.

Direktur PT RAPP Mulia Nauli, menyambut langsung kedatangan Plt Bupati Asmar beserta rombongan. Dia menceritakan, saat ini RAPP mampu memproduksi kertas 1,15 juta ton pertahun. Angka ini menempatkan PT RAPP sebagai perusahaan produsen kertas terbesar ketiga di dunia.

"Saat ini kita sudah mampu memproduksi 1,15 juta ton pertahun, menjadikan RAPP sebagai produsen kertas terbesar ketiga di dunia, dan dengan menambah kapasitas 500 ribu ton tahun depan, kita akan menjadi terbesar kedua di dunia," kata Mulia.

 

 

Plt Bupati Asmar juga diajak berkeliling dan menyaksikan proses operasional pengolahan bahan baku di pabrik hingga menghasilkan produk kertas siap pakai.

Pada kesempatan ini, Plt Bupati Asmar menyampaikan beberapa harapan, diantaranya tentang potensi peningkatan pendapatan daerah dari pemanfaatan hutan serta peningkatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT RAPP di Kepulauan Meranti.

"Kondisi hari ini, sejumlah desa di Meranti terpapar miskin ekstrim, 7 desa diantaranya terdapat di wilayah kerja PT RAPP. Besar harapan kami, pemanfaatan hutan di Meranti dapat meningkatkan pendapatan daerah dan program CSR perusahaan dapat ditingkatkan ke bidang infrastruktur. Ada beberapa jalan desa yang hingga kini belum mampu kami sentuh, kami minta bantuan RAPP untuk membangunnya," kata Plt Bupati.

Asmar juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dari PT RAPP di berbagai bidang, mulai dari bantuan UMKM, beasiswa, dan penanggulangan stunting di Kepulauan Meranti hingga saat ini.

"Mudah-mudahan RAPP dapat selalu bersama Pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan ekstrim dan turut serta membangun Kabupaten Kepulauan Meranti," harap Plt Bupati Asmar.

Di Kepulauan Meranti sendiri, sejak tahun 2009 berdasarkan perizinan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, April Group mengelola 54.350 hektar lahan untuk kegiatan penanaman akasia sebagai bahan baku produksi, pemanenan, perlindungan hutan, tata kelola air, restorasi hutan dan pemberdayaan masyarakat.

 

 

Turut mendampingi Plt Bupati Asmar, Sekda Bambang Supriyanto, Asisten I Irmansyah, Asisten II Suhendri, Staf Ahli Randolph Hutauruk, Sejumlah Kepala OPD, dan Pejabat Eselon III lainnya.

Sedangkan mendampingi Direktur RAPP, General Manager Wan Jakh, Manager Humas Meranti Susilo Sudarman, dan Deputy Head Corporate Disra Alldrick. (Sp)

Berita Lainnya

Index