Pemilu 2024, Kapolres Bengkalis Ajak Pers Kawal Netralitas Polri

Pemilu 2024, Kapolres Bengkalis Ajak Pers Kawal Netralitas Polri
PERTEMUAN : Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro saat menggelar pertemuan dan silaturrahmi dengan insan pers di Pulau Bengkalis, Senin (20/11/2023) malam.(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Menindaklanjuti arahan dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Senin (20/11/2023) malam menggelar pertemuan dengan insan pers di Pulau Bengkalis, baik media cetak dan elektronik yang bertugas di Kabupaten Bengkalis.

AKBP Setyo Bimo Anggoro didampingi sejumlah perwira di Mapolres Bengkalis berharap peran serta media dalam menghadapi Pemilu 2024 ini, bisa menjadi pilar pemberi informasi yang akurat dan berimbang. Dalam pertemuan itu, Setyo Bimo Anggoro berharap, pers sebagai mitra kerja dari Polri bisa menangkal berita bohong atau hoax.

Pertemuan tersebut berlangsung di salah satu caffe di Jalan Sultan Syarif Kasim (SSK) Bengkalis. Ia pun menilai pertemuan ini sangat diperlukan untuk mengawal jalannya pesta demokrasi atau Pemilu 2024.

“Pers bergitu penting bagi kami dalam menjaga situasi kemananan, serta suksesnya Pemilu 2024. Tentu saja, sesuai arahan dari pimpinan Bapak Kapolri kita, hari ini Polri ditekankan untuk menjaga netralitasnya selama Pemilu. Jadi, kalau ada rekan-rekan pers yang mendapati ada anggoto Polri yang berpihak, maka segera laporkan. Tentu akan saya tindak tegas,”ungkap perwira dua melati emas dipundak ini.

Ia mengatakan, pada tanggal 28 November 2023 mendatang akan dilaksanakan kampanye tertutup sampai 20 Januari 2024, kemudian dari 21 Januari sampai 10 Februari 2024, sudah berlangsung kampanye terbuka.

“Kami dari Polres Bengkalis dan Forkopimda telah melakukan berbagai kegiatan jelang Pemilu 2024, menyambut pesta demokrasi atau pemilu serentak. Beberapa kegiatan yang sudah terlaksana seperti aksi pemilu damai, apel kebangsaan, latihan sispam kota; baik yang dilaksanakan Polres Bengkalis atau penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu,”ujarnya.

Dikatakannya lagi, peran media hari ini sangat penting. Sebab, semua sudah bisa menjadi wartawan, melalui media sosial (Medsos). Begitupun masyarakat, juga bisa mengakses media sosial itu sendiri. Meskipun sumbernya valid atau tidak, namun sudah bisa beredar ditengah-tengah masyarakat.

“Dari hal-hal ini tentunya kami ingin teman-teman media memiliki peran penting untuk memastikan semua yang ditulis, sehingga yang ditulis itu benar tidak hoax (berita bohong), yang bukan provokatif, tendensius dan dapat memicu konflik di tengah-tengah masyarakat,”urainya.

Dalam kegiatan itu hadir seluruh insan pers di Pulau Bengkalis. Kepala Diskominfotik Kabupaten Bengkalis diwakili Kabid Sumber Daya Komunikasi dan Informasi Pra Rezeki Indra Muda, serta seluruh jajaran kepala satuan (Kasat) di Mapolres Bengkalis.(ra)

 

Berita Lainnya

Index