Program Ganjar Ciptakan 17 Lapangan Kerja Baru, Pakar : Bukan Angan-angan

Program Ganjar Ciptakan 17 Lapangan Kerja Baru, Pakar : Bukan Angan-angan
FOTO: KLIKMX.COM

RIAUREVIEW.COM --Dr Viator Butar-butar menaggapi program Ganjar-Mahfud menciptakan 17 lapangan pekerjaan baru jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024. Menurut Pakar Ekonomi dari Riau itu, program tersebut bukan sekadar angan-angan. Bahkan, konsep yang diutarakan Ganjar-Mahfud tersebut sangat mungkin dicapai dan diwujudkan. 

"Kalau iklim investasi dan ease of doing business terus diperbaiki, didukung oleh kepastian dan penegakan hukum serta pemberantasan korupsi yang konsisten, target 17 juta kesempatan kerja baru bukanlah angan-angan. Sangat sangat mungkin dicapai," kata mantan dosen pengajar di Universitas Riau ini, saat dihubungi Jumat (15/12/2023)

Viator menuturkan, pertumbuhan kesempatan kerja atau employment growth harus mampu mengimbangi pertumbuhan angkatan kerja atau labor force growth. Sebab, jika tidak maka angka pengangguran terbuka akan meningkat. 

Dikatakan Viator, kondisi di Indonesia hingga saat ini masih tergolong labor surplus country atau negara surplus angkatan kerja. Sehingga, menurutnya wajar jika angka pengangguran serta setengah pengangguran (labor underutilization) masih tinggi. 

Surplus angkatan kerja, mengakibatkan anak-anak muda semakin sulit mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya. Masa tunggu atau waiting period untuk mendapatkan pekerjaan setelah tamat sekolah atau kuliah juga masih tinggi. 

Viator menjelaskan, pada 2040 kondisi demografi Indonesia diproyeksikan akan memiliki angkatan kerja yang sangat besar. Kondisi ini akan menjadi bonus demografi apabila Indonesia mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi tinggi dan penciptaan lapangan kerja serta kesempatan usaha besar besaran.

Atas dasar itulah, menurutnya sangat tepat Ganjar-Mafud mempunyai pemikiran untuk memprogramkan penciptaan lapangan kerja 17 juta dalam waktu 5 tahun ke depan patut diapresiasi dan didukung.  

"Bukan itu saja, perbaikan-perbaikan untuk penciptaan kesempatan usaha dan kewirausahaan pemuda juga menjadi sangat relevan untuk Indonesia Unggul, sesuai tagline Ganjar-Mahfud," jelasnya. 

Seperti diketahui, pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjanjikan terbukanya 17 juta lapangan pekerjaan baru jika terpilih pada Pilpres 2024. Lapangan kerja baru akan dicapai dengan melanjutkan kebijakan industrialisasi dan hilirisasi yang sudah dimulai Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bersama wakilnya yaitu Mahfud Md, Ganjar menjamin penegakan dan kepastian hukum agar investasi berkembang. Dengan kepastian hukum, investor akan merasa aman berinvestasi ke Indonesia sehingga menciptakan lapangan kerja baru. ***

 

 

 

SUMBER: KLIKMX.COM

Berita Lainnya

Index