Tim dari Bekasi Sabet Juara Siak Serindit Boat Race 2023

Tim dari Bekasi Sabet Juara Siak Serindit Boat Race 2023
Asisten II Hendrisan dan Kepala Dinas Pariwisata Siak Tekad Perbatas Setia Dewa menyerahkan hadiah utama ke tim PODSI Kota Bekasi/RIAUAKTUAL.COM

RIAUREVIEW.COM --Setelah berlangsung selama tiga hari 16 Desember sampai 18 Desember 2023, lomba Siak Serindit Boat Race (SSBR) keluar juara I tim Podsi Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat dengan catatan waktu 02.18.67 menit.

Tak hanya juara I, lomba pacu sampan ditaja oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Siak tersebut juara II juga dimenangkan tim Dayung Kabupaten Bekasi dan juara III dimenangkan DLHK Riau.

Kegiatan ini ditutup oleh Asisten ll Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Hendrisan didampingi Kepala Dinas Pariwisata Siak Tekad Perbatas Setya Dewa di Tepian Bandar Sungai Jantan.

Ia menjelaskan, SSBR ini merupakan even tahunan Pemkab Siak yang telah ditetapkan setiap tahunnya. 

"Walaupun sempat terhenti karena Covid-19, tahun ini event olahraga dayung sampan ini bisa kembali kita laksanakan," ujar Hendrisan ke wartawan, Senin (18/12).

Hendrisan mengatakan, Kabupaten Siak merupakan daerah memiliki peninggalan situs-situs sejarah yang menjadi magnet bagi wisatawan datang ke Siak.

"Event yang kita laksanakan melalui Dinas Pariwisata ini, tentunya memberi dampak positif bagi perputaran ekonomi bagi pelaku UMKM kita," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa mengatakan jumlah hadiah event sport tourism ini, Rp217,500.000 juta. 

"Dengan rincian, juara I Rp60 juta, juara II Rp50 juta, juara III Rp40 juta, juara IV Rp30 juta. Sementara untuk harapan I Rp15 juta, harapan II Rp10 juta, harapan III Rp7,5 juta dan harapan IV Rp5 juta," terangnya.

Tekad menjelaskan, tahun sebelumnya SSBR ini telah dilaksanakan 4 kali dan terhenti 3 tahun berturut-turut saat pandemi Covid-19. 

"Maksud dan tujuan even ini adalah bentuk promosi pariwisata Siak di bidang sport tourism, menciptakan stimulus transaksi ekonomi di masyarakat. Diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi hotel, rumah makan dan pelaku usaha lainnya," terangnya.

Dikatakan Tekad, para peserta ini membiayai kedatangannya sendiri, termasuk akomodasi dan kebutuhan tim. "Kedatangan tim-tim dayung dari berbagai provinsi se-Indonesia ini dapat memberikan efek berganda kepada masyarakat," katanya.

Selain itu, dalam event tersebut juga terdapat bazar ekonomi kreatif dari pelaku usaha di sekitar tepian bandar Sungai Jantan depan Istana Siak.

"Pada event Siak Serindit Boat Race ini, kami Dinas Pariwisata melalui bidang ekonomi kreatif menyediakan bazar ekonomi kreatif yang diisi sebanyak 24 pelaku usaha," pungkasnya.

Daftar Pemenang SSBR, dari 25 team ikut bertanding:

Final A.

1. Podsi Kota Bekasi

2. Team Dayung Kabupaten Bekasi

3. DLHK Riau

4. Podsi Agam (Sumatera Barat)

Final B.

1. Podsi Kepulauan Riau

2. Pemdes Buluh Cina (Kampar)

3. Podsi Batang Hari Jambi

4. Balam Indah (Kampar)

 

 

 

SUMBER: RIAUAKTUAL.COM

Berita Lainnya

Index