Perintahkan Bentuk Tim Gabungan Usut Persoalan PT SIR, Edy Natar : Jangan Main-main dengan Saya

Perintahkan Bentuk Tim Gabungan Usut Persoalan PT SIR, Edy Natar : Jangan Main-main dengan Saya
Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution dalami permasalahan PT Surya Intisari Raya (SIR) dengan masyarakat Provinsi Riau.

Untuk pendalaman permasalahan tersebut, orang nomor satu di Provinsi Riau itu perintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemprov Riau segera bentuk tim gabungan. Di antaranya, Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Dinas LHK, Inspektorat dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Riau.

Adapun penegasan yang diperintahkan Gubri tersebut, pertama segera membentuk Tim gabungan dengan menerbitkan surat tugas, leading sektor Kadis Perkebunan. Kedua segera lakukan pendalaman secara cermat terhadap berapa luas lahan HGU yang selama ini dimiliki oleh PT SIR.

Ketiga, mendalami secara cermat berapa fakta luas lahan yang digarap PT SIR selama ini. Keempat, pendalaman secara cermat terkait hak masyarakat tempatan yang seharus dipenuhi oleh perusahaan sejak terbitnya aturan yang mengatur tentang hal tersebut.

Kelima, dalami secara cermat apa saja yang menjadi kewajiban Perusahaan terhadap menjaga lingkungan dalam mengoperasikan perusahaan yang selama ini diduga di abaikan.

Terakhir, hal-hal yang dianggap perlu yang selama ini juga banyak dikeluhkan oleh masyarakat serta segera melaporkan untuk menindaklanjuti kedepannya yang saat ini ditunggu-tunggu masyarakat.

Untuk diketahui, keseriusan Gubri Edy Natar menindaklanjuti permasalahan PT SIR tersebut, berawal dari dari pihak PT SIR tidak hadir memenuhi undangan pertemuan pembahasan dengan masyarakat yang dipimpin lansung oleh Gubri Riau beberapa waktu lalu.

Ketidakhadiran pihak PT SIR tersebut, juga membuat Gubri naik pitam, dan menilai tidak ada etika serta mempertanyakan etika dari pihak PT SIR.

Sesuai pernyataan sebelumnya, Gubri juga akan membawa permasalahan ini pada pemerintahan pusat, karena ini merupakan kepentingan masyarakat.

"Saya tidak ada urusan dan kepentingan dalam hal ini. Semua ini murni kepentingan masyarakat, maka itu saya akan bawa permasalahan ini sampai ke pemerintahan pusat," tegas Gubri.

Gubri menyatakan, jika masyarakat mengadu terkait permasalahan HGU PT SIR yang akan berakhir. Karena itu, Maka itu, Gubri langsung hadir lansung untuk pembahasan. Namun pihak PT SIR sendiri tidak datang tanpa kejelasan yang sebelumnya sempat ditunggu untuk konfirmasi.

"Saya sampai menunggu 30 menit dan tetap tidak ada keterangan. Jadi maunya apa? Maka itu saya tegaskan jangan main-main dengan saya. Karena saya tidak ada urusan selain untuk masyarakat," tegas Gubri.

Gubri berharap pembentukan tim gabungan yang disampaikan ini segera dilaksanakan, agar apa yang jadi permasalahan di lapangan segera diselesaikan susah dengan aturan.

"Untuk proses ini tidak ada yang perlu ditakutkan, tambah lagi ini ada di daerah kita dan hak masyarakat Riau," katanya.**

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index