Berita Bagus di 2024, Unilak Pertahankan Klaster Utama Perguruan Tinggi Versi Kementerian Pendidikan

Berita Bagus di 2024, Unilak Pertahankan Klaster Utama Perguruan Tinggi Versi Kementerian Pendidikan
Dr Zamzami M.Kom Wakil Rektor I Unilak bidang Akademik

RIAUREVIEW.COM --Kabar baik menghampiri Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak) diawal tahun 2024, sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Riau saat ini kembali mampu mempertahankan pengakuan dari Kementerian Pendidikan, sebagai univiersitas yang masuk klaster utama Perguruan Tinggi (PT) yang didasarkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan DIKTI.

Pengumuman tersebut diumumkan Berdasarkan Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 1350/E5/PG.02.00/2023 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, bersama ini kami sampaikan Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Akademik pada Klaster Mandiri, Utama, Madya,
dan Pratama.

Di dalam SK tersebut berisi 943 daftar perguruan tinggi di Indonesia penyelenggara pendidikan akademik dan perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi pada klaster mandiri, utama, madya dan pratama. 

Wakil Rektor I Unilak Bidang Akadamik Dr Zamzami.M.Kom yang dikonformasi pada Rabu,, 3/01/2024, merasa senang, den mengucapkan selamat untuk LPPM Unilak, dan seluruh dosen yang telah bekerja keras untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi dan memberikan apresiasi.

"Unilak berhasil mempertahankan peringkat Klaster Utama, salah satu penilaian hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis Sinta. Kita apresiasi kinerja penelitian dan pengabidan dosen Unilak, ini membuktikan bahwa pengabdian dosen kepada masyarakat memberikan manfaat langsung ke mereka dan juga ke Insititusi (Unilak) dengan naik peringkat ke klaster utama ini maka yang menguntungkan/mendapatkan manfaat itu juga adalah masyarakatnya, karena dengan klaster utama ini, kualitas dan kwantitas kegiatn penelitian dan pengabdian akan semakin meningkat. Ucap Zamzami.

"Kemudian peluang mendapatkan dana akan lebih besar dan tentu tersalurkan kepada masyarakat semakin besar, kinerja pengabdian kita dinilai oleh kementerian berkinerja sangat baik, " ujar Dr Zamzami.

Dalam suratnya, yang di tandatangani oleh Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat M. Faiz Syuaib pada 30 Desember 2023, menyampaikan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2020 hingga 2022. Data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi meliputi data penulis (author), afiliasi (affiliation), artikel (article), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

 

Berita Lainnya

Index