Kondisi Masjid Agung Istiqomah Bengkalis Bocor dan Tak Terawat

Kondisi Masjid Agung Istiqomah Bengkalis Bocor dan Tak Terawat
TAMPUNG AIR: Kondisi Masjid Agung Istiqomah Bengkalis ketika hujan turun ember penampung air berada di mana-mana di dalam dan luar ruangan masjid, Jumat (12/1/2024).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM-Sebagai masjid plat merah dan hamir 80 persen pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis ada para pejabat dan ASN, namun kondisi masjidnya dalam setahun belakangan sangat memprihatinkan.

Di mana, pada saat musim penghujan seperti saat sekarang ini, terlihat amber diletakkan di mana-mana oleh petugas kebersihan masjid untuk menampung air yang menetes dibagian plafon masjid.

"Nampaknya tak ada perhatian dari pemerintah untuk melakukan perawatan masjid milik pemerintah, yang menjadi simbol Negeri Junjungan Bengkalis," ujar salah seorang jamaah Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, Tambi Habib al-Qasim Muhammad, usai melaksanakan Salat Jum'at (12/1/2024).

Ia menyebutkan, kondisi bagian atap yang bocor membuat bagian luar dan dalam masjid harus ditampung dengan ember, sehingga terlihat berberada di mana-mana, yakni di dalam mesjid dan di bagian teras.

Kondisi ini kata Habib, menimbulkan bau tak sedap pada karpet untuk salat. Di sisi lain, juga bagian plapon sudah mulai ambruk, karpet juga sudah mengeluarkan aroma tak sedap, karena air yang bocor.

"Kami melihat kondisi ini sudah berlangsung cukup lama. Kalau diperhatian sudah berlangsung bertahun-tahun. Ini ditandai dengan ada ember penampung kebocoran setiap turun hujan," ucapnya.

Habib melihat, sampai saat ini tidak ada perhatian dari Pemkab Bengkalis, di mana Mesjid Agung Istiqomah merupakan mesjid Agung tingkat  Kabupaten.

"Bahkan kondisi lain, cat tembok mesjid  pun sudah kusam, WC yang tak bersih, taman- taman bunga tak terurus. Sehingga kondisi ini menyebabkan tidak nyaman jamaah untuk melaksanakan ibadah di mesjid raya atau Mesjid Agung Kabupaten Bengkalis," ujarnya.

Habib mengharapkan, agar pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis yang notabene adalah para pejabat di lingkungan Pemkab Bengkalis, hendkanya tanggal dengan kondisi masjid. Karena ini akan dipertanggung jawabkan dunia dan akhirat.

Terhadap keluhan jamaah ini, Ketua Umum Masjid Agung Istiqomah Bengkalis H Ersan Saputra TH yang juga Sekda Bengkalis ketika dikonfirmasi di kantornya tidak berada di tempat.

Bahkan ketika dikonfirmasi melalui telepon genggamnya juga tak diangkat. Demikian juga melalui pesan singkat WhatsApp-nya juga tidak dibalas.(ra)

 

Berita Lainnya

Index