Gubri Tinjau Jalintim di Pelalawan yang Terendam Banjir

Gubri Tinjau Jalintim di Pelalawan yang Terendam Banjir
Gubri Edy Natar Nasution lakukan peninjauan bencana banjir di Jalan Lintas Timur (Jalintim) km 75, di Kab. Pelalawan,, Ahad (14/01/2024)/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution melakukan peninjauan bencana banjir di Kabupaten Pelalawan, tepatnya Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kilometer 75, Ahad (14/01/2024).

Saat tinjauan Gubri didampingi Bupati Pelalawan Zukri Misran melihat langsung lokasi banjir yang kedalaman airnya hampir 1 meter.

Gubri Edy Nasution mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, banjir yang terjadi bukan siklus 5 tahun, namun 20 tahun. Kata Gubri, kondisi saat ini termasuk ekstrem.

"Kita pun perihatin dan status pun ada beberapa daerah kabupaten yang meningkatkan statusnya menjadi tanggap darurat," kata Gubri.

Gubri menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan status siaga darurat mulai 22 Desember 2023 lalu sampai 31 Januari 2024 atau selama 40 hari. Meskipun demikian, ia akan selalu memantau situasi dan kondisi di daerah.

Berdasarkan Informasi dari BMKG situasi seperti ini (banjir) akan terjadi sampai akhir Januari 2024. Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen untuk bergerak bersama-sama.

"Situasi ini tidak bisa kita duga, sebab di beberapa daerah juga terjadi hal yang sama, kita dari provinsi hanya bisa memberikan bantuan-bantuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak," ujarnya.

Gubri berharap kepada masyarakat yang terdampak banjir untuk tetap bersabar dengan kondisi yang terjadi. Karena Pemprov Riau dan Pemkab Pelalawan akan berupaya keras agar situasi banjir bisa menjadi lebih baik.

Sementara itu, Bupati Pelalawan Zukri Misran mengatakan, dari 4.600 kepala keluarga (KK) yang terdampak, sekitar 80 persen masih mengungsi, karena air sudah memasuki rumah.

"Posisi yang kita tinjau bersama pak Gubernur ini di kilometer 75, sedangkan di titik rawannya atau paling dalam ada di kilometer 83," kata Zukri.

Bersamaan dengan itu, Gubri juga melakukan peninjauan dapur umum lapangan Dinas Sosial Provinsi Riau dan posko kesehatan, serta menyerahkan bantuan untuk masyarakat terdampak.**

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index