Peringatan Dini BMKG, Seluruh Daerah di Pulau Sumatera Waspada Bencana Hidrometeorologi

Peringatan Dini BMKG, Seluruh Daerah di Pulau Sumatera Waspada Bencana Hidrometeorologi
Ilustrasi/foto: haluanriau.co

RIAUREVIEW.COM -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berikan peringatan aakan cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi di sejumlah wilayah Indonesia. Bencana ini berpotensi terjadi dalam kurun waktu satu pekan ke depan.

"Waspada cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi," tulis Instagram @infobmkg, dikutip Minggu (14/1/2024).

BMKG menjelaskan analisis atmosfer mengidentifikasikan risiko hujan lebat hingga sangat lebat di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan. Hal ini disebabkan adanya aktivitas Monsun Asia yang memicu pertumbuhan awan hujan dan angin kencang.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk bersiaga atas potensi terjadinya bencana tersebut.

"Bagi masyarakat yang bermukim di daerah rawan longsor dan daerah banjir agar meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang," terang BMKG.

Adapun kawasan yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem antara lain seluruh provinsi Sumatera, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT. Juga Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan untuk update lebih lanjut BMKG mengimbau masyarakat terus memperhatikan informasi melalui aplikasi 'InfoBMKG' secara berkala.

 

 

 

Sumber: haluanriau.co

Berita Lainnya

Index