Hari Ini 135.562 KPPS se-Riau Resmi Dilantik

Hari Ini 135.562 KPPS se-Riau Resmi Dilantik
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Hari ini, sebanyak 135.562 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Provinsi Riau resmi dilantik. KPPS ini nantinya bertugas sebagai pelaksana melakukan pemungutan dan perhitungan suara di tanggal 14 Februari 2024.

Di Kota Pekanbaru ada 19.292 KPPS yang dilantik. Jumlah itu nantinya akan bertugas di seluruh tempat pemungutan suara (TPS), yakni 2.756 TPS. Lokasi pelantikan hari ini tersebar di 1.679 titik.

Salah satu lokasi pelantikan KPPS berada di Lapangan sepak bola Kulim Permai, Jalan Hangtuah, Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya. Di lokasi itu, ada sekitar 889 orang KPPS yang dilantik dari total 1.967 orang KPPP di Kecamatan Tenayan Raya.

Sebanyak 889 KPPS ini merupakan mereka yang bertugas di tiga kelurahan, yakni Kelurahan Bencah Lesung, Sialang Sakti dan Tuah Negeri. Untuk Kecamatan Tenayan Raya, ada 281 TPS yang tersei di 7 kelurahan.

Sementara proses pelantikan dilakukan oleh perwakilan pimpinan Panitia Pemungutan Suara (PPS), di 3 kelurahan tersebut.

"Kegiatan pelantikan KPPS dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB. Masa kerja KPPS selama sebulan, dari tanggal 25 Januari, sampai 25 Februari 2024," ujar Ketua PPS Bencah Lesung Dedi Yasril Rangkuti.

Sementara untuk 1.078 orang KPPS lainnya di lantik di tempat lain, seperti di Aula Kantor Lurah, Halaman Posyandu, hingga lapangan umum lainnya.

Para KPPS ini nantinya akan bertugas melayani masyarakat pemilih, dalam menyalurkan hak suaranya, untuk memilih Calon Presiden-Wakil Preseiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

"Tugas utama KPPS itu ada di tanggal 14 Februari 2024. Mereka melakukan pemungutan suara dari masyarakat, merekapitulasinya dan menyerahkan seluruh hasil perhitungan kepada PPS," katanya.

Sementara itu, Ketua PPS Sialang Sakti, Sukatmin menambahkan, setelah proses pelantikan, para KPPS akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bumtek), yang digelar dalam rentang waktu 26-29 Januari 2024.

"Dalam bimtek itu mereka akan dijelaskan tugas-tugasnya, sehingga bisa melaksanakan kinerjanya dengan baik," sebutnya.

Selain kegiatan pelantikan, mereka juga melaksanakan penanaman pohon. Hal ini bagian dari kepedulian jajaran KPU terhadap alam dan lingkungan.

"Ada gerakan penanaman pohon setelah pelantikan, yang menjadi instruksi KPU. Pohon yang ditanam diharapkan bisa meningkatkan keseimbangan alam, untuk kenyamanan kehidupan kedepan," ungkap Sukatmin.

Diketahui, ada 1.679 titik pelantikan KPPS se-Kota Pekanbaru. Dalam pelantikan itu KPU juga melakukan gerakan menanam pohon sebanyak 135.562 bibit pohon yang ditanam di 1.801 titik se-Kota Pekanbaru.**

 

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index