FEB Unilak Taja Pelatihan Penulisan Article Melalui OJS Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

FEB Unilak Taja Pelatihan Penulisan Article Melalui OJS Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

BEDELAU.COM --Penulisan artikel ilmiah adalah suatu bentuk tulisan atau publikasi yang disusun secara sistematis dan berdasarkan penelitian atau studi yang dilakukan oleh seorang peneliti atau ahli di bidang tertentu. 

Tujuan penulisan artikel ilmiah untuk menyampaikan temuan, analisis, dan kontribusi baru dalam suatu disiplin ilmu kepada komunitas akademis dan masyarakat ilmiah pada umumnya. 

Pada Selasa 16 Januari 2024 lalu, tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unilak terdiri dari Idel Waldemi, Afvan Aquino dan  Wita Dwika Listihana melaksanakan pelatihan  secara daring tentang penulisan artikel dan mengirim melalui open journal system (OJS) untuk mahasiswa tingkat akhir.

Pada kesempatan ini perhatian yang menjadi cacatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir, penulisan artikel ilmiah, menyesuaikan dengan template jurnal dan mensubmit ke dalam open system jurnal menjadi suatu kendala bagi sebagian besar mahasiswa, “hal ini tidak lepas dari ketidaktahuan bagaimana membuat tugas akhir dari perkuliahan menjadi sebuah artikel yang bisa masuk dan diterima oleh pengelola jurnal yang dituju”, kata Wita Dwika Listihana.

Dikatakannya lagi “pelatihan ini diharapkan mampu untuk meningkatkan pengetahuam pemahaman dan keyakinan untuk mahaiswa untuk mengetahui lebih jauh dan luas dalam menyusun karya tulis ilmiah dan masuk ke dalam system jurnal (OJS)”.

“Pelatihan ini dilaksanakan secara online by zoom dan diikuti oleh 77 peserta dari 160 peserta yang mendaftar. Adapun hasil pelaksanaan pengabdian ini didapatkan hasil yang menyatakan bahwasanya tingkat pengetahuan, pemahaman dan keyakinan dari peserta untuk bisa menulis karya tulis ilmiah sangat tinggi, dan peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini” tutur Wita Dwika Listihana.
 

Berita Lainnya

Index