Tim PKM Dosen FEB Unilak Beri Pelatihan Kemasan dan Merek di Rumah Kreatif Rumbai Bukit

Tim PKM Dosen FEB Unilak Beri Pelatihan Kemasan dan Merek di Rumah Kreatif Rumbai Bukit

RIAUREVIEW.COM --Tim Dosen Fakultas dan Bisnis Universitas Lancang Kuning (FEB Unilak) Pekanbaru terdiri dari Dr. Zulia Khairani, S.E., M.M., Efrita Soviyanti, S.E., M.M., dan Faizah Kamilah, S.E., M.Ak, Ak serta melibatkan mahasiswa, yaitu Erma Wahyuningsih telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Rumah Kreatif di Kelurahan Rumbai Bukit Kecamatan Rumbai Barat.

“PKM dilakukan dalam bentuk penyampaian materi tentang kemasan dan merek yang dilakukan dengan sistem diskusi hal ini merupakan bagian dari pelaksanaan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu yang mayoritas adalah pelaku industri rumah tangga yang berjumlah 20 orang” kata Dr. Zulia Khairani.

Dikatakannya lagi “sebelum dilakukan penyampaian materi, tim dosen PKM melakukan survei awal bahwa terdapat  cukup banyak  potensi alam,  ditemukan informasi bahwa beberapa anggota berperan aktif memiliki industri rumah tangga dengan menjual produk makanan, kerajinan piring lidi dari limbah sawit, dan hasil rajutan industri rumah tangga yang dihasilkan oleh kelompok masyarakat setempat”. 

Dr. Zulia Khairani  menuturkan “ditemukan informasi bahwa salah satu masalah yang dihadapi kelurahan  Rumbai Bukit adalah masalah produk-produk yang dihasilkan kurang dikenal baik dalam bentuk kemasan dan banyak produk yang belum memiliki merek. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh tim PKM untuk meningkatkan pengetahuan peserta PKM dalam menentukan merek dan kemasan yang layak bagi industri rumah tangga.”

“Pelatihan mengenai pengetahuan kemasan dan merek bagi pelaku usaha rumah tangga merupakan upaya positif dari tim dosen PKM FEB Unilak hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam dalam mendukung mitra pengabdian untuk mengembangan ekonomi masyarakat lokal” tambahnya. 

“Melalui peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta mengenai strategi efektif dalam perancangan kemasan produk dan pengelolaan merek sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat serta memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.
 

Berita Lainnya

Index