Pemdes Maini Darul Aman Gelar Peragaan Manasik Haji Pesertanya Anak PAUD Se-Kecamatan Tebingtinggi B

Pemdes Maini Darul Aman Gelar Peragaan Manasik Haji Pesertanya Anak PAUD Se-Kecamatan Tebingtinggi B
Peserta yang mengikuti peragaan manasik haji saat akan melaksanakan kegiatan dihalaman kantor Desa Maini Darul Aman

MERANTI, RIAUREVIEW.COM--Pemerintah Desa Maini Darul Aman melaksanakan kegiatan peragaan manasik haji yang diikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kecamatan Tebingtinggi Barat yang dilaksanakan dihalaman Kantor Desa Maini Darul Aman, Kecamatan Tebingtinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (31/01/2024). 

Kepala Desa Maini menjelaskan, "Terima kasih diucapkan kepada seluruh utusan dari PAUD Se-Kecamatan Tebingtinggi Barat yang sudah hadir dalam kegiatan ini, anak-anak PAUD yang hadir ini juga didampingi majlis guru-guru serta pendidikan tingkat Taman Kanak-kanan (TK) dan Sekolah Dasar (SD) sangat ramai untuk mengikuti acara peragaan manasik haji anak PAUD se-Kecamatan Tebingtinggi Barat, tidak hanya itu juga yang mengiringi TK PAUD ini yaitu Bunda PAUD Kecamatan Tebingtinggi Barat. 

Kemudian di sini anak-anak dikenalkan dengan Rukun Islam yang kelima sejak usia dini supaya mereka mengenal dan mampu mengenalinya,” kata Kepala Desa Maini Darul Aman 

Pemerintah Desa menjelaskan peserta didiknya menggunakan pakaian layaknya jamaah haji di Mekkah serta mengikuti tahapan-tahapan dalam pelaksanaan ibadah haji. Anak-anak tersebut begitu antusias mengikuti latihan manasik haji yang dipandu secara langsung oleh tim pelatihan manasik haji.

“Beberapa tahapan yang dilaksanakan oleh anak-anak diantaranya tawaf (mengelilingi a’bah seabnyak tujuh kali, Red), kemudian melaksanakan sa’I (berlari-lari kecil bolak-balik 7 kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya, Red) dan melontar atau melempar umrah,” bedunya

Dengan adanya pelatihan manasik haji ini, ia berharap anak didiknya bisa lebih mudah dalam mengenal dan memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, anak-anak juga  iatanamkan pengetahuan sejak dini  sehingga mereka (anak didik,Red) memiliki semangat serta cita-cita untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

“Mudah-mudahan pengenalan ibadah haji ini lebih menjadikan mereka paham betul bahwa rukun islam memang harus diterapkan, kalau rukun islam yang kelima kan bila mereka mampu jadi kedepannya kalau anak-anak sudah besar dan mereka mampu untuk segera melaksanakan ibadah haji,” harapnya.

Salah satu orang tua murid, Desinta Mustika Arum menyampaikan kegiatan manasik haji ini sangat baik bagi anak-anak usia dini agar mereka dapat memahami tata cara ibadah haji sejak dini dan juga untuk menanamkan nilai dan norma ajaran islam. Kegiatan ini juga, ia melanjutkan mampu melatih kesabaran, disiplin, bertanggung jawab atas diri sendiri, dan kemandirian.

“Selain untuk menanamkan nilai-nilai dan ajaran islam kepada  anak sejak dini, yang tak kalah pentingnya peragaan manasik haji ini untuk lebih mempererat ukhuwah islamiah, baik antar sesama murid maupun para guru serta orang tua murid,”tutupnya

Turut hadir Camat Tebingtinggi Barat, Kepala Desa Gogok Darusalam, Bunda PAUD Se-Kecamatan Tebingtinggi Barat beserta masyarakat Desa Maini Darul Aman. (Sp)

Berita Lainnya

Index