Hasto Benarkan Menkeu Sri Mulyani Rutin Bertemu Megawati

Hasto Benarkan Menkeu Sri Mulyani Rutin Bertemu Megawati
Menkeu Sri Mulyani Indrawati memberikan ucapan selamat ultah kepada mantan Presiden Megawati . (dok: @smindrawati via Liputan6.com)

RIAUREVIEW.COM --Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dikabarkan melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di tengah berhembusnya isu dirinya akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. (dok: @smindrawati via Liputan6.com)

Dikutip dari Liputan6.com, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membenarkan adanya pertemuan antara Sri Mulyani dengan Megawati Soekarnoputri. Bahkan, kata Hasto, Sri Mulyani dan Megawati rutin melakukan pertemuan.

"Pertemuan merupakan hal rutin. Tentu saja juga berbicara tentang bangsa dan negara, berbicara tentang fiskal (pendapat negara) itu merupakan hal penting," ujar Hasto Kristiyanto kepada wartawan saat acara Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (3/2/2024).

Dituturkan Hasto, pertemuan itu berlangsung karena Megawati selaku Ketua Dewan Pengarah Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan Sri Mulyani selaku Ketua Pengarah Ex-Officio.

Namun, ketika disinggung terkait pertemuan itu membahas isu mundurnya Sri Mulyani dari jabatan Menteri Keuangan, Hasto enggan menjawab. Sebab, kata Hasto, pertemuan itu berlangsung secara tertutup.

"Ya Bu Sri Mulyani dan Bu Mega karena sering ketemu di BRIN secara tertutup ya, saya tak bisa sampaikan apa yang dibahas," ujar Hasto.

Isu Sri Mulyani akan mundur dari Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin dihembuskan oleh ekonom senior Faisal Basri. Selain Sri Mulyani, Faisal Basri juga menyebut sejumlah menteri lainnya berencana untuk mundur, termasuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Faisal menyebut, daftar menteri yang akan mundur lainnya dengan latar belakang teknokrat, bukan berasal dari partai.

Kabinet Tetap Solid

Merespons isu itu, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menekankan, saat ini semua menteri Kabinet Indonesia Maju tetap solid membantu Jokowi hingga purnatugas pada Oktober 2024.

"Seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju tetap kompak dan solid membantu Presiden untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan sampai akhir masa jabatannya," kata Ari kepada wartawan, Kamis (18/1/2024).

Ari enggan menanggapi isu ada menteri yang siap mundur atau tak nyaman di pemerintahan Jokowi. Ari meminta agar hal tersebut ditanyakan langsung ke pihak yang menyebarkan isu.

"Terkait isu yang sengaja dilemparkan oleh beberapa pihak bahwa ada menteri yang siap mundur atau tidak nyaman dalam pemerintahan, tanyakan saja ke pihak-pihak yang melontarkan isu tersebut," ujar Ari.

Masih Tetap Bekerja

Setelah ramai menjadi isu nasional, Sri Mulyani akhirnya buka suara. Dia membantah isu tersebut. Sri Mulyani menegaskan masih tetap bekerja sebagai Menteri Keuangan sesuai tugas dan kewajibannya.

"Saya bekerja, saya bekerja," kata Sri Mulyani saat ditemui di Istana Negara Jakarta usai rapat terbatas soal ekonomi, Jumat (19/1/2024).

Sri Mulyani tidak menanggapi lebih jauh soal isu terkait. Termasuk kabar tidak harmonis dirinya dengan Menteri Pertahanan yang juga calon presiden Prabowo Subianto terkait anggaran di Kementerian Pertahanan. Dia memilih tutup mulut dan tidak menjawab pertanyaan wartawan.**

 

 

 

Sumber: goriau.com

Berita Lainnya

Index