Pemko Pekanbaru akan Overlay Delapan Jalan Rusak, PUPR: Sedang Konsultan Perencanaan

Pemko Pekanbaru akan Overlay Delapan Jalan Rusak, PUPR: Sedang Konsultan Perencanaan
Ilustrasi/cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melakukan overlay terhadap sejumlah ruas jalan yang rusak parah pada tahun ini. Rencananya, ada 8 ruas jalan yang akan dilakukan perbaiki Pemko Pekanbaru.

Pemko Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), sudah mendata jalan mana saja yang masuk dalam pemeliharaan berkala tahun ini. Terlebih, jalan-jalan yang sudah rusak parah.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan, ada 8 jalan yang akan dilakukan overlay tahun ini. Saat ini pihaknya tengah mengurus proses administrasi berkaitan dengan perencanaan.

"Saat ini masih berproses, kita sedang siapkan dokumennya untuk proses lelang," ujar Edward, yang akrab disana Edu, Ahad (11/2/2024).

Ia menyebut, saat ini masih dalam proses konsultan perencanaan. Menurutnya, kemungkinan untuk proses overlay akan dilakukan setelah lebaran.

"Konsultan perencanaan yang jalan baru," ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Pekanbaru, Muflihun mengatakan, bahwa pihaknya terus berupaya agar melakukan perbaikan infrastruktur di Kota Pekanbaru. Hanya saja, Pemko Pekanbaru saat ini keterbatasan anggaran.

"Kita sama-sama tahu hari ini, kondisi keuangan pemko Pekanbaru tidak baik-baik saja. Makanya kita berharap ada bantuan dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat," kata Muflihun.

Ia menyebut, Pemko Pekanbaru sudah berusaha untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak berlubang. Ada ratusan kilometer jalan di Pekanbaru yang rusak berlubang.

"Karena itu, kita harus mendukung langkah pemko hari ini dengan membayar pajak, retribusi, sehingga jalan-jalan rusak dapat diperbaiki secara maksimal," harapnya.

Dikatakannya, pada tahun ini saja ada sekitar 8 ruas jalan yang akan diperbaiki menggunakan APBD Kota Pekanbaru. Selain itu, ada 36 ruas jalan di Pekanbaru yang kini sudah beralih kewenangannya ke Pemerintah Provinsi Riau.

Dirinya berharap, dengan adanya peralihan kewenangan jalan itu dapat membantu Pemko Pekanbaru dalam memperbaiki jalan rusak.

Delapan ruas jalan yang akan diperbaiki Pemko Pekanbaru tahun ini di antaranya, Jalan Padat Karya, Kulim, Taman Karya, Purwodadi, Bangau Sakti, Dharma Bakti, Jalan Sri Indra, dan Jalan Am 1, Am 2.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index