Plt Bupati Asmar Luncurkan Sistem Keuangan Non Tunai Bagi Desa se-Kabupaten Kepulauan Meranti

Plt Bupati Asmar Luncurkan Sistem Keuangan Non Tunai Bagi Desa se-Kabupaten Kepulauan Meranti
Plt. Bupati Kepulauan Meranti H. Asmar saat menekan layar launching Sistem Pengelolaan Keuangan Non Tunai Bagi Desa

MERANTI, RIAUREVIEW.COM--Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kepulauan Meranti bekerja sama dengan Bank Riau Kepri Syariah menggelar Launching Sistem Pengelolaan Keuangan Non Tunai Bagi Desa dan Sosialisasi Juknis Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Tahun Anggaran 2024 di Aula Kantor Bupati Kepulauan Meranti, jalan dorak Selatpanjang, Senin (26/2/2024).

 

 

Kegiatan tersebut dibuka dan diluncurkan secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, diikuti oleh seluruh jajaran perangkat daerah, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.

Dalam sambutannya Plt Bupati Asmar mengatakan sistem keuangan non tunai dapat menjadi awal kemajuan yang besar bagi desa dan dapat mengurangi berbagai resiko pengelolaan keuangan desa.

"Sistem keuangan non tunai merupakan awal kemajuan besar, diharapkan mampu mengurangi berbagai resiko dalam pengelolaan keuangan desa," kata Plt Bupati.

Lebih lanjut H. Asmar menjelaskan, terobosan ini merupakan bukti kemajuan digitalisasi, pemerintah desa dapat melakukan transaksi keuangan di kecamatannya, tidak harus ke ibukota kabupaten, sehingga proses keuangan bisa berjalan lebih cepat dan efektif.

 

 

"Yang mana biasanya sistem tunai, dan harus ke Selatpanjang, ke depan menggunakan sistem non tunai yang secara fisik tidak ada tapi bernilai sama, agar transaksi dapat dilakukan lebih cepat dan efektif," terangnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Asrorudin menyebut tahap awal ini, sistem keuangan non tunai akan diterapkan dalam pembayaran gaji perangkat desa, untuk selanjutnya diterapkan pada seluruh aktifitas keuangan desa.

Asrorudin juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Kepala Daerah, Bank Riau Kepri Syariah, Dinas/Badan terkait, dan seluruh pihak yang ikut membantu program ini hingga terwujud.

"Atas nama Dinas PMD, saya mengucapkan terima kasih kepada Plt Bupati atas dukungannya, Bank Riau Kepri Syariah, Dinas Kominfotik yang telah membantu menyediakan sistem jaringan dan server, serta seluruh pihak yang ikut mewujudkan program ini," ucapnya.

 

 

Turut Hadir, Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau Djoko Edi Imhar, Kepala Cabang Bank Riau Kepri Syariah Selatpanjang Abdul Rohim, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra M Mahdi, sejumlah Kepala Dinas/Badan, Kepala Bidang, jajaran pimpian Bank Riau Kepri Syariah, serta sejumlah Pejabat Administrator dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti. (Sp)

Berita Lainnya

Index