Proses Masih Panjang, Empat Calon Dirut Perumdam Tirta Terubuk Lulus Seleksi Administrasi

Proses Masih Panjang, Empat Calon Dirut Perumdam Tirta Terubuk Lulus Seleksi Administrasi
H. Khairi Fahrizal, ST, MPWK.(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Menguatnya informasi diumumkannya 4 (empat) calon direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Terubuk Kabupaten Bengkalis lulus secara administrasi dibenarkan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) H. Khairi Fahrizal, ST, MPWK, Senin (26/2/2024).

Proses pengumuman rekrutmen sejak 09 Januari 2024 lalu, tentunya merupakan waktu yang panjang dan sempat diperpanjang. Dari pengumuman rekrutmen yang dilakukan, minat peserta minim dan tidak ada yang mendaftar.

Hal itu dikatakan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) H. Khairi Fahrizal, ST, MPWK didampingi Sekretaris Pansel Samsir, diruang kerjanya. Menurut Khairi, dalam ketentuan pegumuman rekrutmen sempat diperpanjang.

“Dalam ketentuan rekrutmen ini, sempat kita perpanjang pengumuman. Saat itu tidak ada yang mendaftar, sulit bagi kami. Entah tidak ada yang minat atau kurang informasinya tersebar, jadi kami kumpulkan muncul enam orang yang mendaftar,”kata Khairi.

Setelah didapatkan enam orang yang mendaftar, sambungnya, Pansel kemudian melakukan evaluasi dan apa yang dilakukan Pansel, masih berupa tahapan administrasi, jadi semua kelengkapan administrasi satu persatu diperiksa.

“Ketika mereka mengajukan administrasi, sesuai ketentuan. Sebanyak enam calon dinyatakan lulus administrasi, jadi hasil pengumuman yang sudah kita umumkan, semuanya lulus secara administrasi, tidak sampai mendalami ada kes dia, belum. Jadi nanti akan ada proses Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK), interview,dan beberapa proses lagi kedepannya, sampai tes psikologis, jadi masih panjang prosesnya,”kata Khairi Fahrizal.

Dari empat calon tersebut, katanya lagi. Dalam ketentuan selanjutnya, Pansel mengantarkan calon yang memasukkan dokumennya bersiap-siap untuk di uji kompetensinya, nantinya akan ada tim sendiri di Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK).

“Hasil pengumuman calon yang lulus administrasi itu belum final. Baru administrasi saja. Kalau ditanya apakah semua melengkapi administrasi, maka kami menjawab semuanya memenuhi administrasi, dari sisi pengalaman, sesuai data. Tapi belum konfirmasi, kepada peserta, nanti ada tahapannya sampai pengecekan ke lapangan, ada prosesnya,”ujarnya lagi.

Ia mengatakan, pansel berharap teman-teman media juga turut mengawal hal ini, secara profesional. “Insya Alah, kami akan kawal se profesional mungkin, terus terang kami tidak tahu juga, beberapa informasi masuk ke ponsel, seperti ada salah satu calon demosi tak percaya, kalau menurut saya tentu ini menjadi bagian yang akan kita cek kebenaran informasi itu pada saat interview,”ucapnya lagi.

Ditambahkannya, semua akan diketahui saat interview berlangsung melalui proses dan tahapan kedepan, secara profesional. Sebab, harapan Pansel proses rekrutmen bisa berjalan dengan baik dan terbuka.

“Semua calon akan di interview. Dan kemungkinan, jika Bupati Bengkalis berkesempatan untuk menginterview, secara langsung maka Bupati yang menginterviewnya, atau ketika tidak berkesempatan ditunjuk melaksanakan interview. Jadi kalau ditanya soal lulus administrasi calon, semua memenuhi syarat. Jika ditanya buk Elsa punya sertifikat, maka dari dokumen yang kami terima ada, makanya Pansel meluluskannya,”tutupnya.

Seperti diketahui bersama, pengumuman Nomor : 004/Pansel-DPAM/II/2024, hasil seleksi calon direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Terubuk Kabupaten Bengkalis masa jabatan 2024-2029 resmi diumumkan ke publik.

Sebagaimana tertuang dalam berita acara rapat Nomor : 003/PANSEL-DPAM/II/2024, pada Kamis 22 Februari 2024 terdapat empat nama yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, calon direktur Perumda Air Mium Tirta Terubuk Kabupaten Bengkalis.

Dalam pengumuman itu, empat nama tersebut selanjutnya wajib mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) berupa uji psikotes, ujian tertulis keahlian, paparan makalah dan wawancara pada rentang waktu 04 Maret – 08 Maret 2024 dikantor Perumda Air Minum Tirta Terubuk Kabupaten Bengkalis, pukul 08.00 WIB.

Empat nama yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sesuai urutan, pertama Elmiawati Safarina, S.Pdi (Asal Bengkalis). Kemudian kedua, disusul nama Hafizullah, ST (Asal Kota Binjai), Abel Aqbal, ST (Asal Bengkalis) dan Ashari, ST. (Asal Kota Binjai).

Empat nama ini dinyatakan lulus administarasi oleh Panitia Seleksi Direktur Perumda Air Minum Bengkalis H. Khairi Fahrizal, ST, MPWK.(ra)
 

Berita Lainnya

Index