Komunitas Peduli Penyelenggara Pemilu Riau Gelar Aksi Solidaritas Apresiasi Kinerja Petugas KPPS

Komunitas Peduli Penyelenggara Pemilu Riau Gelar Aksi Solidaritas Apresiasi Kinerja Petugas KPPS

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM--Ratusan pemuda yang mengatasnamakan Kelompok Peduli Penyelenggara Pemilu Riau (KP3R) menggelar unjuk rasa di Tugu Perjuangan Rakyat, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru, Senin (26/2/2024).

Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas dan dukungan moral ke petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) seluruh Indonesia.

Berdasarkan pantauan awak media Riaureview.com mereka membawa beberapa spanduk dengan bertulisan mengucapkan "Terima kasih atas perjuangan seluruh petugas Penyelenggara Pemilihan Umum Tahun 2024 dan turut belasungkawa atas gugurnya para petugas di lapangan".

Tidak hanya itu ada beberapa spanduk lainnya yang bertuliskan "Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pahlawan Demokrasi Tahun 2024, dengan perjuangan kalian akan kami kenang selalu".

Koordinator Aksi KP³R dalam orasinya menyampaikan, "Aksi ini merupakan gerakan moral dan solidaritas untuk memberi Apresiasi ke seluruh petugas KPPS terutama di Provinsi Riau dan umumnya di Negara Republik Indonesia yang telah banyak berperan dalam mensukseskan Pemilihan Umum Damai Tahun 2024 ini, tanpa adanya petugas KPPS maka pesta Demokrasi dan pemilu tidak akan berjalan dengan lancar," kata Edy Kurniawan dalam penyampaian orasinya

Pihaknya juga menuntut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau memberikan perhatian yang serius ke petugas KPPS.

“Sudah seharusnya KPU Provinsi Riau memberi perhatian serius kepada petugas KPPS yang telah berjuang. Dan kami juga meminta kepada KPU untuk tidak ikut-ikutan dalam menyalahkan kinerja petugas KPPS yang sudah turut membantu tugas dari KPU itu sendiri di lapangan,” tegasnya.

Mereka juga mendesak KPU Provinsi Riau memberikan santunan kepada keluarga petugas penyelenggara Pemilu yang meninggal dalam menjalankan tugas selama Pemilu 2024. Meski Pemilu sudah usai, KPU harus memperhatikan petugas KPPS baik yang sakit atau meninggal saat bertugas. Kalau yang sakit harus diperhatikan dari sisi kesehatannya. Dan kalau yang meninggal, KPU harus memberikan santunan kepada keluarganya,” jelasnya.

Saya menghimbau kepada semua pihak agar tetap menjaga ketertiban dan keamanan di Bumi Lancang Kuning khususnya di pesta demokrasi. Pemilu sudah selesai kita tunggu dan hal ini berikan kepercayaan serta keputusan hasil pemilu kepada KPU jangan sampai terpancing dengan berita, isu dan media sosial yang tidak benar. "Tegas Edy Kurniawan

Sebagai penutup orasi saya menyampaikan, "kami meminta Elite politik agar bersatu kembali demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebab Persatuan dan kesatuan lebih utama untuk di Negeri ini, " tutup Edy Kurniawan. (Sp)

Berita Lainnya

Index