Terhadap Nakes dan Medis di Puskesmas Pandau Jaya

Dosen Pascasarjana Unilak Berikan Pemahaman Asas Ketertiban dan Kepastian Hukum

Dosen Pascasarjana Unilak Berikan Pemahaman Asas Ketertiban dan Kepastian Hukum

RIAUREVIEW.COM --Untuk memberikan pemahaman terhadap tenaga kesehatan dan medis di Puskesmas Pancau Jaya, Dosen Sekolah Pascasarjana Unilak Dr. Yeni Triana, SH, MH berikan pemahaman hukum terkait asas ketertiban dan kepastian hukum dihadapan 17 orang peserta penyuluhan hukum yang berasal dari tenaga kesehatan UPTD Puskesmas Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Jumat 23 Februari 2024.

Kegiatan tersebut merupakan event pengabdian kepada masyarakat dirinya  sebagai dosen pada semester ini.

Dr. Yeni Triana mengatakan “asas ketertiban dan kepastian hukum dapat dipahami dengan membaca ketentuan Pasal 6 ayat (1) huruf (i) Undang-undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang Undangan yang berbunyi: “Yang dimaksud dengan ‘asas ketertiban dan kepastian hukum’ adalah bahwa setiap Materi Muatan Peraturan Perundang-undangan harus dapat mewujudkan ketertiban dalam masyarakat melalui jaminan kepastian hukum”.

Dikatakannya lagi, “berkaitan dengan konteks pelayanan kesehatan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan pada Pasal 1 huruf s, ketertiban itu merupakan syarat fundamental terhadap suatu masyarakat, penyelenggara kesehatan dalam pemberian pelayanan, yang teratur, sedangkan  untuk terwujudnya asas ketertiban diperlukan adanya kepastian hukum”.

Acara dibuka oleh Kepala UPTD Puskesmas Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Eka Suyanti, STr.Keb.

Dalam sambutannya, Kepala UPTD Puskesmas Pandau Jaya, Eka Suyanti, STr,Keb mengucapkan “terima kasih atas kesediaan Tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Pascasarjana Unilak yang berkenan berbagai ilmu kepada segenap komponen UPTD Puskesmas Pandau Jaya”, sambutnya.

Bila diperhatikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini berlangsung dinamis, hangat dalam suasana dialogis. Peserta tampak bersemangat mengikuti acara mulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Selesai acara, dilakukan sesi foto bersama Kepala Puskesmas dan Tenaga Kesehatan UPTD Puskesmas Pandau Jaya. (Rls).

Berita Lainnya

Index