Seluruh Petahana Keok, Ini Empat Calon Anggota DPD RI Terpilih Dapil Riau

Seluruh Petahana Keok, Ini Empat Calon Anggota DPD RI Terpilih Dapil Riau
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Proses rekapitulasi penghitungan suara calon DPD RI periode 2024-2029 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Riau telah rampung. Pemilu kali ini, tampaknya menjadi "mimpi buruk" bagi seluruh incumbent atau petahana.

Meski belum digetapkan oleh KPU, berdasarkan perolehan suara 29 calon anggota DPD RI yang bertarung, sudah bisa dilihat siapa saja yang akan duduk untuk lima tahun mendatang.

Dua petahana yang kembali ikut mempertahankan posisinya, Edwin Pratama Putra dan Misharti gagal duduk kembali lantaran suara yang diperoleh tidak masuk dalam 4 besar slot kursi DPD RI Dapil Riau.

Nama baru dengan raihan suara terbanyak sekaligus sebagai calon terpilih di peringkat pertama diraih Arif Eka Saputra, dengan total 271.518 suara, diikuti oleh KH Muhammad Mursyid, yang menduduki peringkat kedua dengan perolehan suara sebanyak 262.889.

Sementara itu, peringkat ketiga ditempati Sewitri, dengan 219.168 suara. Sewitri sebelumnya merupakan anggota DPRD Riau. Dan peringkat keempat H Abdul Hamid, yang meraih 189.171 suara. Hamid merupakan mantan komisioner KPU Riau 5 tahun lalu.

Edwin Pratama Putra, dan Misharti tidak berhasil mempertahankan kursi mereka, karena keduanya berada di peringkat 5 dan 8. Sementara itu, untuk tahapan pleno tingkat KPU RI, jadwal pembacaan hasil Provinsi Riau dijadwalkan pada Rabu, 13 Maret 2023.

Sedangkan pengumuman rekapitulasi hasil Pemilu 2024 secara nasional direncanakan pada 20 Maret 2024.**

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index