PDIP Riau Raih Pimpinan DPRD di 9 Daerah, Amankan Total 86 Kursi

PDIP Riau Raih Pimpinan DPRD di 9 Daerah, Amankan Total 86 Kursi
PDIP Riau Raih Pimpinan DPRD di 9 Daerah (foto: cakaplah.com)

RIAUREVIEW.COM --Kemenangan meyakinkan berhasil diraih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Pemilu 2024, terutama di wilayah Riau.

Ketua DPD PDIP Riau, Haji Zukri Misran menyatakan bahwa partainya telah berhasil memanfaatkan kekuatan mesin politiknya dengan baik dengan meraih kursi pimpinan di 9 daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Total keseluruhan perolehan kursi PDIP Riau mencapai 86 kursi, yang merupakan pencapaian tertinggi dalam sejarah partai tersebut di Bumi Lancang Kuning. Terlebih PDIP meraih kemenangan di DPRD Riau karena mendapatkan total 11 kursi dan menggeser Golkar dari jatah kursi Ketua DPRD Riau.

Zukri Misran menyampaikan rasa syukurnya atas kepercayaan yang diberikan masyarakat Riau kepada PDIP, serta berkomitmen untuk terus memperjuangkan kepentingan rakyat di parlemen selama lima tahun ke depan.

Menurut Zukri, kemenangan ini tak lepas dari kerja keras dan gotong royong seluruh kader, caleg, dan simpatisan PDIP. Mulai dari tingkat ranting hingga level Provinsi.

"Di tingkat Provinsi sendiri, PDIP meraih 11 kursi dari total 65 kursi yang tersedia. Dengan ini dipastikan akan menduduki jabatan Ketua DPRD Riau pada periode berikutnya," ujarnya bangga, Selasa (12/3/2024).

Ia mengatakan, keberhasilan PDIP Riau dalam meraih kursi DPRD Provinsi Riau juga menjadi catatan sejarah karena berhasil mengungguli partai lain, termasuk Partai Golkar.

Di tingkat kabupaten, seperti di Kabupaten Pelalawan, PDIP juga meraih dominasi dengan memperoleh 12 kursi dari total 40 kursi yang tersedia, serta memastikan posisi Ketua DPRD setempat.

Hal serupa terjadi di beberapa kabupaten lainnya, seperti di Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, dan Kepulauan Meranti. Di mana PDIP juga mendominasi perolehan kursi dan akan menduduki jabatan Ketua DPRD setempat.

Sementara itu, di 4 Kabupaten/Kota lainnya PDIP Riau mendapatkan jabatan wakil ketua DPRD, diantaranya di Kota Pekanbaru dengan perolehan 7 kursi dari 50 kursi. Di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) 6 kursi dari 45 kursi. Kabupaten Kuansing 5 kursi dari 35 kursi, Kota Dumai 5 kursi dari 35 kursi.

Sementara Kabupaten sisanya belum berhasil meraih kursi pimpinan, seperti di Kabupaten Indragiri Hilir 5 kursi dari 40 kursi. Sementara Kabupaten Siak 4 kursi dari 40 dan Kampar memperoleh 4 kursi dari 45.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index