Beasiswa Pemprov Riau Diumumkan Agustus

Beasiswa Pemprov Riau Diumumkan Agustus
Ilustrasi/cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Riau akan mengumumkan pemberian beasiswa bagi para mahasiswa Riau, mulai dari jenjang D3 hingga S3 pada Agustus mendatang.

Hal ini karena pemberian beasiswa tersebut pertimbangan saat ini proses perkuliahan masih berlangsung dan Indeks Prestasi (IP) yang akan dijadikan dasar pemberian beasiswa juga belum keluar.

Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Imron Rosyadi mengatakan pihaknya berencana untuk mengumumkan pemberian beasiswa dari Pemprov Riau tersebut pada Agustus mendatang. Karena dibulan itu, para mahasiswa sudah selesai melaksanakan ujian semester dan IP sudah keluar.

"Rencananya pada Agustus mendatang baru akan kami umumkan untuk pemberian beasiswa. Beasiswa yang diberikan mulai dari tingkat D3 hingga S3," kata Imron, Rabu (13/3/2024).

Imron menyampaikan, untuk pemberian beasiswa cara mendapatkannya bisa dengan dua cara. Yakni bagi mahasiswa yang kuliah di Riau, permohonan beasiswa bisa disampaikan melalui pihak kampus.

"Sedangkan bagi mahasiswa yang kuliah di luar provinsi Riau, maka permohonan beasiswanya bisa diserahkan langsung ke Kantor Biro Kesra Riau yang ada di kompleks kantor gubernur Riau di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru," ujarnya.

Untuk jalur pemberian beasiswa tersebut, lanjut Imron, bagi yang kuliah di Riau, setelah berkas diserahkan maka pihak kampus yang akan melakukan seleksi. Seleksi yang dilakukan berdasarkan perangkingan IP yang didapat mahasiswa.

"Misalnya, kalau di Kampus tersebut kuota yang diberikan Pemprov Riau untuk 30 mahasiswa, sementara yang memasukkan berkas 50. Maka pihak kampus akan menyeleksi berdasarkan IP nya, mulai dari urutan IP tertinggi hingga urutan ke 30," terangnya.

Imron, Pemprov Riau selama kurun waktu tahun 2019-2023, telah menyalurkan beasiswa untuk mahasiswa Riau sebesar Rp372 miliar lebih. Bantuan beasiswa tersebut disalurkan kepada 29.093 mahasiswa Riau baik yang menempuh perkuliahan didalam dan luar negeri.

Pemberian beasiswa tersebut dilakukan karena peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan pendidikan merupakan jalan satu-satunya agar dapat sejajar dengan negara lainnya. Karena itu, Pemprov Riau terus berupaya untuk meningkatkan jumlah pemberian beasiswa kepada para mahasiswa Riau.

"Karena itu sejak tahun 2019-2023 telah disalurkan beasiswa sebesar Rp372 M lebih kepada masiswa Riau. Sedangkan untuk tahun 2024, Pemprov Riau juga kembali menyediakan beasiswa senilai Rp109 M lebih," tutupnya.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index