Gedung Tak Dihuni, Tiap Tahun Perbaikannya Dianggarkan APBD Bengkalis

Gedung Tak Dihuni, Tiap Tahun Perbaikannya Dianggarkan APBD Bengkalis
Gedung mess pemda Bengkalis yang setiap tahun diperbaiki walau tidak dihuni manusia.(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Salah satu ikon bangunan megah, yang dibangun namun tidak pernah difungsikan sesuai peruntukan adalah gedung Mess Pemda Bengkalis, Jalan Sudirman, tepatnya di sebelah gedung Megat Kudu.

Bangunan megah itu dahulunya, merupakan bangunan bersejarah kantor Bupati Bengkalis pertama. Namun, di era kepemipinan Bupati Bengkalis H. Syamsurizal, bangunan itu dibangun ulang. Tak sedikit anggaran APBD Bengkalis dari tahun ke tahun dikucurkan demi sebuah bangunan tanpa penghuni tersebut.

Ironinya, bangunan tersebut setiap tahun sekali diganti plafon dan catnya. Pembiayaannya bersumber dari APBD Bengkalis. Lokasinya pun sering dijadikan tempat muda-mudi memadu kasih, ketika pagar gedung terbuka tanpa penjagaan keamanan.

Pantauan media ini, Jumat (22/3/2024). Kondisi gedung tersebut tahun 2024, dibawah kepemimpinan Bupati Bengkalis Kasmarni, kembali mendapat anggaran rehab, bagian sisi plafon luar gedung. Tampak para pekerja sedang memasang peralatan pengerjaan pemasangan plafon.

Proyek yang bersumber dari APBD Bengkalis 2024 itu terlihat dikerjakan tanpa mengenakan plang proyek dan diduga proyek siluman itu dikerjakan untuk kebutuhan menghadapi persiapan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Jika dilihat sepintas, gedung itu sudah beberapa kali mengalami rehabilitasi dari tahun ke tahun. Mulai dari sisi bagian dalam gedung dan luar gedung, namun peruntukan gedung hari ini tidak jelas dan belum terlihat ada upaya Pemkab Bengkalis untuk mempergunakan, sebagaimana mestinya.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris Dinas PUPR Bengkalis Erdila Fitriadi, Jumat (22/3/2024) saat dikonfirmasi belum memberikan jawaban. Dan saat dihubungi via ponselnya juga tidak menjawab.(ra)

 

 

Berita Lainnya

Index